Show simple item record

dc.contributor.authorDwiyana Hidayatul Agustin
dc.date.accessioned2014-01-22T04:49:56Z
dc.date.available2014-01-22T04:49:56Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM050210102138
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20780
dc.description.abstractPeningkatan kualitas pendidikan terus diupayakan salah satunya dengan menciptakan pembelajaran yang lebih efektif. Tercapainya efektifitas pembelajaran didukung dengan menerapkan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Untuk itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat memberikan suasana baru sehingga siswa tidak merasa bosan dan memiliki motivasi tinggi dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian tentang penerapan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game pada pembelajaran fisika di SMP. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game dan menggunakan model konvensional pada siswa SMP?; (2) bagaimanakah efektifitas penerapan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game pada siswa SMP?; (3) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa SMP selama mengikuti pembelajaran menggunakan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game?. Adapun tujuan diadakan penelitian ini adalah: (1) mengkaji perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game dan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa SMP; (2) mengkaji efektifitas penerapan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game pada siswa SMP; (3) mengkaji peningkatan aktivitas belajar siswa SMP selama mengikuti pembelajaran menggunakan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game. Penentuan tempat penelitian dengan teknik purposive sampling area. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sukowono. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test and post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan: (1) uji t untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa antara pembelajaran yang menggunakan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game dan pembelajaran konvensional; (2) uji efektifitas untuk mengetahui efektifitas pembelajaran model cooperative learning dengan teknik pick up cards game dan efektifitas pembelajaran konvensional; (3) prosentase aktivitas siswa untuk mengkaji peningkatan aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game dan pembelajaran konvensional. = 1,9913, sehingga t Analisis data dengan menggunakan uji t menunjukkan hasil t test > t tabel test = 2,677 dan t maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Jadi ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika yang menggunakan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game dan model pembelajaran konvensional. Efektifitas pembelajaran fisika menggunakan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game sebesar 81,63 %, angka ini termasuk dalam kategori sangat efektif. Sedangkan efektifitas pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran konvensional sebesar 66,16 %, angka ini termasuk kategori efektif. Adapun aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game mengalami peningkatan, yaitu dari 80,14 %, 81,81 % dan 83,61 %, nilai ini termasuk kategori sangat aktif. Sedangkan aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan model konvensional tidak mengalami peningkatan bahkan mengalami penurunan, yaitu dari 54,73 %, 53,38 %, dan 52,16 %, nilai ini termasuk kategori cukup aktif. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game dan menggunakan model konvensional pada siswa SMP; (2) penerapan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game sangat efektif untuk pembelajaran fisika di SMP; (3) penerapan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa SMP.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210102138;
dc.subjectModel Cooperative Learning dengan Teknik Pick Up Cards Gameen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK PICK UP CARDS GAME PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record