dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Variabel Tingkat
Pendapatan Dan Tingkat Pendidikan Sacara Simultan Dan Secara Parsial Terhadap
Pemberian Bimbingan Belajar Pada Anak Di Daerah Tanggul Kulon Kecamatan
Tanggul Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kuantitatif, dengan penentuan daerah penelitian secara purposive area sedangkan
metode penentuan sampelnya dengan random sampling sejumlah 40 orang Orang tua
atau responden. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode
angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji
validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, garis regresi, uji F dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat Pendapatan dan Tingkat Pendidikan
mempunyai pengaruh secara simultan terhadap Pemberian Bimbingan Belajar pada
anak. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan Fhitung (106,304)>Ftabel (3,252) dengan
tingkat = 0,05> Sig F = 0,000 yang berarti bahwa variabel Tingkat Pendapatan Dan
Tingkat Pendidikan secara simultan mempengaruhi Pemberian Bimbingan Belajar
Pada Anak sebesar 85,2%. Hasil uji t dari masing-masing variabel bebas terhadap
variabel terikat adalah Tingkat Pendapatan (X1) = thitung = 7,483>ttabel = 2,026 dengan
= 0,05>Sig. = 0,000,Tingkat Pendidikan (X2) = thitung = 4,180>ttabel = 2,026 dengan
= 0,05>Sig. = 0,000, Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel
bebas (Tingkat Pendapatan dan Tingkat Pendidikan) mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap variabel terikat (Pemberian Bimbingan Belajar Pada Anak).
Variabel Tingkat Pendapatan (X1) mempunyai pengaruh dominan terhadap
Pemberian Bimbingan Belajar Pada Anak Di Daerah Tanggul Kulon Kecamatan
Tanggul Kabupaten Jember Kabupaten Jember tahun 2009. | en_US |