• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    OPTIMASI PENAMPANG JEMBATAN RANGKA BAJA TIPE WARREN TRUSS DITINJAU DARI VARIASI TINGGI RANGKA

    Thumbnail
    View/Open
    K (139)k_1tehnik.pdf (1.149Mb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Aditya Farisal
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jembatan rangka baja banyak digunakan sebagai prasarana transportasi melintasi sungai untuk bentang 40 - 60 m. Dari sekian banyak tipe jembatan rangka yang ada, jembatan rangka tipe warren merupakan tipe yang lebih umum digunakan. Warren truss adalah tipe jembatan rangka dengan rangka utamanya berbentuk trapesium dari serangkaian segitiga. Penggunaan ukuran trave rangka warren ini baik pada tinggi dan bentang rangkanya umumnya sama pada bentang jembatan yang berbeda. Banyak penelitian optimasi rangka batang yang dilakukan untuk mendapatkan model rangka yang optimum karena model rangka erat kaitannya dengan minimalisasi gaya batang. Sehingga untuk menghasilkan model rangka yang optimum, ukuran trave rangka pada bentang yang berbeda seharusnya tidaklah sama. Beberapa pustaka menyatakan bahwa tinggi rangka batang merupakan variabel penting dalam meminimumkan volume material, oleh karena itu pengoptimasian jembatan rangka tipe warren akan dilakukan melalui variasi tinggi rangkanya. Tujuan dari perencanaan ini adalah untuk mendapatkan volume minimum jembatan tipe warren truss melalui variasi tingginya, tinggi yang memberikan volume minimum jembatan dengan beban yang bekerja dapat dipikul secara aman dan perpindahan yang terjadi masih dalam batas-batas yang disyaratkan tanpa mengubah topologi jembatan. Perencanaan dilakukan pada tiga jembatan, jembatan tipe A40, A50 dan A60. Proses pengoptimasian ketiga jembatan adalah sama. Optimasi jembatan diperoleh dari hasil perbandingan berat dan volume gelagar jembatan dari variasi
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20746
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4204]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository