OPTIMASI PENAMPANG JEMBATAN RANGKA BAJA TIPE WARREN TRUSS DITINJAU DARI VARIASI TINGGI RANGKA
Abstract
Jembatan rangka baja banyak digunakan sebagai prasarana transportasi
melintasi sungai untuk bentang 40 - 60 m. Dari sekian banyak tipe jembatan rangka
yang ada, jembatan rangka tipe warren merupakan tipe yang lebih umum digunakan.
Warren truss adalah tipe jembatan rangka dengan rangka utamanya berbentuk
trapesium dari serangkaian segitiga. Penggunaan ukuran trave rangka warren ini baik
pada tinggi dan bentang rangkanya umumnya sama pada bentang jembatan yang
berbeda. Banyak penelitian optimasi rangka batang yang dilakukan untuk
mendapatkan model rangka yang optimum karena model rangka erat kaitannya
dengan minimalisasi gaya batang. Sehingga untuk menghasilkan model rangka yang
optimum, ukuran trave rangka pada bentang yang berbeda seharusnya tidaklah sama.
Beberapa pustaka menyatakan bahwa tinggi rangka batang merupakan variabel
penting dalam meminimumkan volume material, oleh karena itu pengoptimasian
jembatan rangka tipe warren akan dilakukan melalui variasi tinggi rangkanya. Tujuan
dari perencanaan ini adalah untuk mendapatkan volume minimum jembatan tipe
warren truss melalui variasi tingginya, tinggi yang memberikan volume minimum
jembatan dengan beban yang bekerja dapat dipikul secara aman dan perpindahan
yang terjadi masih dalam batas-batas yang disyaratkan tanpa mengubah topologi
jembatan.
Perencanaan dilakukan pada tiga jembatan, jembatan tipe A40, A50 dan
A60. Proses pengoptimasian ketiga jembatan adalah sama. Optimasi jembatan
diperoleh dari hasil perbandingan berat dan volume gelagar jembatan dari variasi
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4097]