Show simple item record

dc.contributor.authorNe ni R e s t i a na
dc.date.accessioned2014-01-22T04:35:34Z
dc.date.available2014-01-22T04:35:34Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM080210191024
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20731
dc.description.abstractRI NG K AS AN “Pe n e r ap an M od e l P e m b e l aj ar an K oop e r t i f T i p e CI RC S a l a h s a t u ke nd a l a ut a m a pe m be l a j a r a n di s e kol a h a da l a h kur a ng a nt us i a s n y a s i s wa unt uk be l a j a r . S i s wa c e nde r ung m e ne r i m a a pa y a ng di s a m pa i ka n ol e h gur u, di a m , da n e ngga n m e nge m uka ka n pe r t a n y a a n a t a u pe nda pa t . Gur u c e nde r ung m e ngguna ka n m e t od e e k s pos i t or i da l a m pe m be l a j a r a n. M e t ode e ks po s i t or i di a ngga p s e ba ga i m e t od e y a ng pa l i n g e f e kt i f d a l a m pe m b e l a j a r a n. B e r da s a r ka n ha s i l obs e r va s i di ke t a hui ba hwa pe m be l a j a r a n t e r s e but m e n y e b a bka n a kt i vi t a s s i s wa m e nj a di pa s i f , m a l a s be l a j a r da n m unc u l r a s a bos a n da l a m di r i s i s wa . Ha l i ni l a h y a ng m e n y e b a bka n r e nda hn y a h a s i l be l a j a r s i s wa ke l a s V I I C S M P Ne ge r i 5 J e m be r . M ode l pe m be l a j a r a n k oop e r a t i f t i pe C I R C m e r upa ka n s e bua h pr o gr a m kom pe r he ns i f unt uk m e nga j a r i m e m ba c a , m e nul i s , da n s e ni ba ha s a di s e kol a h da s a r da n s e kol a h m e n e nga h . P e ne r a p a n m ode l pe m be l a j a r a n koop e r a t i f t i pe C I R C m e r upa ka n pe m b e l a j a r a n y a ng m e m a duk a n f a s e f a s e pe m be l a j a r a n ko ope r a t i f de nga n uns ur uns ur y a ng a d a pa da C I R C m e l a l ui t a ha pa n t a h a pa n pe m b e l a j a r a n y a i t u ke l om pok a t a u t i m , pe m be r i a n w a c a na , k e gi a t a n ke gi a t a n y a ng be r hubun ga n de ng a n wa c a n a y a i t u m e m ba c a be r pa s a ng a n, m e ngi de nt i f i ka s i , da n m e ne m uka n ka t a kunc i , pe m e r i ks a a n p a s a nga n, p r e s e nt a s i ke l om pok, m e m bua t ke s i m pul a n, da n t e s . Tuj ua n da r i pe ne l i t i a n i ni a da l a h unt uk m e ndi s kr i ps i ka n pe ne r a p a n m ode l pe m be l a j a r a n koope r a t i f t i pe C I R C , m e nga n a l i s i s a kt i vi t a s s i s wa da n ke t un t a s a n ha s i l be l a j a r s i s wa s e t e l a h pe l a ks a na a n p e m b e l a j a r a n m e ngguna ka n m ode l pe m be l a j a r a n koope r a t i f t i pe C I R C pa da pokok ba ha s a n a r i t m a t i ka s os i a l s i s wa ke l a s V I I C S M P Ne ge r i 5 J e m be r t a hun a j a r a n 2012/ 2013 . vi i i Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Berdasarkan analisis hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa diketahui bahwa persentase aktivitas guru mengajar pada siklus I pembelajaran I sebesar 77.78%, dan pembelajaran II sebesar 86.11% sedangkan persentase aktivitas guru mengajar pada siklus II pembelajaran I sebesar 91,67% dan pembelajaran II sebesar 94.44%. Persentase aktivitas siswa secara individu pada siklus I pembelajaran I sebesar 76.4% dan pembelajaran II sebesar 79.19% sedangkan siklus II pembelajaran I sebesar 81.08% dana pembelajaran II sebesar 98.63%. Persentase aktivitas siswa secara kelompok pada siklus I pembelajaran I sebesar 63.89% dan pembelajaran II sebesar 63.89% sedangkan siklus II pembelajaran I sebesar 86.11% dan pada pembelajaran II sebesar 93.51%. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 65.79% sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 81.58%. Karena ketuntasan klasikal pada siklus II ≥75% maka hasil pelaksanaan siklus II telah memenuhi kriteria yang ditentukan sehingga tidak perlu dilaksanakan penambahan siklus. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC efektif digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIB SMP Negeri 5 Jember pada pokok bahasan aritmatika sosialen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210191024;
dc.subjectP e m b e l aj ar an K oop e r t i f T i p e CI RCen_US
dc.titlePe n e r ap an M od e l P e m b e l aj ar an K oop e r t i f T i p e CI RCen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record