Show simple item record

dc.contributor.authorQurrata’aini
dc.date.accessioned2014-01-22T03:46:23Z
dc.date.available2014-01-22T03:46:23Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM040210101262
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20646
dc.description.abstractRendahnya hasil belajar matematika siswa dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern adalah faktor yang terdapat dalam individu yang belajar sedangkan faktor ekstern adalah faktor yang terdapat di luar individu yang belajar. Salah satu faktor intern yang sangat menunjang keberhasilan belajar matematika adalah kemampuan numerik dan kecerdasan emosi (EQ). Kemampuan numerik adalah kemampuan berfikir dengan menggunakan angka-angka atau bilangan sedangkan EQ adalah kemampuan untuk memahami diri sendiri dan orang lain atau lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya keterkaitan kemampuan numerik dan EQ baik secara parsial maupun bersama-sama dengan hasil UAS matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Probolinggo pada semester genap tahun pelajaran 2007/2008. Keterkaitan diartikan sebagai pengaruh yang diberikan oleh variabel bebas, yakni kemampuan numerik dan EQ terhadap variabel terikat (hasil UAS matematika siswa kelasVIII SMP Negeri 4 Probolinggo). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Probolinggo dengan sampel penelitian sebanyak 154 siswa dari 256 siswa kelas VIII. Metode penentuan sampel ini mengikuti aturan Krejcie yang memiliki taraf signifikansi 95%. Berdasarkan aturan Krejcie, sampel yang harus diambil dari 256 siswa adalah sebanyak 154 siswa dari seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan sampel ini dilakukan secara acak dari tiap-tiap kelas VIII secara seimbang sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah dengan metode tes, angket, dokumentasi, dan wawancara. Metode tes hanya digunakan untuk mengetahui kemampuan numerik siswa sedangkan angket EQ digunakan untuk mengetahui tingkat EQ siswa. Untuk menganalisa data digunakan program SPSS 13.0 yang terdiri dari análisis regresi linear berganda, uji F, koefisien determinasi berganda, uji t, dan uji asumsi regresi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara variabel bebas dengan variabel terikat,baik secara parsial maupun bersama-sama. Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 2,092 untuk kemampuan numerik dan 10,403 untuk EQ. Nilai thitung yang signifikan ini memperlihatkan adanya keterkaitan antara kemampuan numerik dengan hasil UAS matematika siswa dan juga adanya keterkaitan antara EQ dengan hasil UAS matematika siswa. Keterkaitan ini memperlihatkan adanya pengaruh yang signifikan antara masing-masing variabel bebas dengan variabel terikat. Hasil uji F menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan antara kemampuan numerik dan EQ secara bersama-sama dengan hasil UAS matematika siswa, yakni sebesar 78,354. Keterkaitan ini lebih lanjut ditunjukkan oleh persamaan garis regresi berganda Y = 25,648 + 0,438X1 + 1,122X2 yang teruji melalui uji asumsi regresi. Pengaruh bersama kemampuan numerik dan EQ adalah sebesar 50,9% yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi sedangkan 49,1% dipengaruhi oleh faktorfaktor lainnya seperti faktor keluarga, kesehatan jasmani, dan sebagainya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210101262;
dc.subjectKECERDASAN EMOSI(EQ)en_US
dc.titleKETERKAITAN KEMAMPUAN NUMERIK DAN KECERDASAN EMOSI(EQ) DENGAN HASIL UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PROBOLINGGO PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2007/2008en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record