Show simple item record

dc.contributor.authorIndah Putri Melati
dc.date.accessioned2014-01-22T02:57:27Z
dc.date.available2014-01-22T02:57:27Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM070210301100
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20591
dc.description.abstractAktivitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji Jember sudah tergolong aktif, namun kelas X-5 memiliki aktivitas yang paling rendah dibandingkan dengan kelas lainnya yaitu kelas X-1 sampai X-6, pemahaman siswa kelas X-5 juga terbilang cukup rendah hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas yang sebagian siswanya masih rendah atau di bawah standart ketuntasan minimal yang di tetapkan oleh sekolah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive, yaitu pada kelas X-5 di SMA Negeri Rambipuji Jember. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa. Hal tersebutdapat dilihat dari lembar observasi aktivitas pada tiap siklus dan nilai post test yang dilakukan setiap akhir siklus pada mata pelajaran Ekonomi materi kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi siswa kelas X-5 SMA Negeri Rambipuji Jember. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa kelas X-5 tergolong Aktif yaitu sebesar 68.43 %. Secara individu nilai rata-rata ulangan harian siswa pada viii siklus I sebesar 72,23 yang berarti sudah memenuhi KKM. Secara klasikal, nilai ulangan harian siswa sudah memenuhi standar ketuntasan yang mencapai 79,41%. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa juga meningkat dari 68.43% pada siklus I meningkat menjadi 77.84% dengan kategori Aktif, sedangkan rata-rata nilai ulangan harian siswa secara individu sebesar 84.64 dan secara klasikal mencapai 91.17%. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap aktivitas belajar dan pemahaman siswa kelas X-5 SMA Negeri Rambipuji Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210301100;
dc.subjectStudent Facilitator And Explainingen_US
dc.title“Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Pemahaman Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X-5 SMA Negeri Rambipuji Jember Mata Pelajaran Ekonomi Materi Kebijakan Pemerintah Dalam Bidang Ekonomi Semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012)”en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record