Show simple item record

dc.contributor.authorFraditya Ardian Setya Budi
dc.date.accessioned2014-01-22T02:42:24Z
dc.date.available2014-01-22T02:42:24Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM080210204193
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20562
dc.description.abstractPembelajaran IPS di sekolah terutama di sekolah dasar selama ini cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang monoton misalnya ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Siswa juga sering diminta untuk mencatat penjelasan dari guru dan menghafal materi-materi tertentu sehingga membuat siswa merasa kurang menyenangi pelajaran IPS yang menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik Snowball Throwing dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bekerjasama, berfikir kritis, tanggung jawab, meningkatkan percaya diri siswa, dan dapat membantu teman yang lain dalam memahami materi pelajaran secara bersama-sama. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik Snowball Throwing pada pokok bahasan perjuangan melawan penjajah di SDN Mlokorejo 01 Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011? (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik Snowball Throwing pada pokok bahasan perjuangan melawan penjajah di SDN Mlokorejo 01 Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011? Sesuai dengan rumusan masalah yang telah ditentukan, maka tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik Snowball Throwing pada pokok bahasan perjuangan melawan penjajah di kelas V SDN Mlokorejo 01 Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011, (2) untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik Snowball Throwing pada pokok bahasan perjuangan melawan penjajah di kelas V SDN Mlokorejo 01 Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Mlokorejo 01 Kabupaten Jember yang terdiri dari 27 siswa, 11 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi Dokumentasi, Observasi, Wawancara dan Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif menganalisis data berupa observasi dan wawancara, sedangkan deskriptif kuantitatif menganalisis hasil tes individu. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 19 Februari 2011 sampai 14 Maret 2011 dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Mlokorejo 01 Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, dan hasil tes individu pada saat penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik Snowball Throwing berlangsung. Hasil analisis pada siklus I, persentase rata-rata aktivitas siswa secara klasikal mencapai 64,8% sedangkan pada siklus II, persentase rata-rata aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 15,9% menjadi 80,7%. Analisis ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 59,3%, pada siklus II mencapai 85,2%. Hal itu berarti ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 25,9%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, secara klasikal siswa kelas V mencapai ketuntasan belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik Snowball Throwing dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan uraian di atas, maka diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan teknik Snowball Throwing sebagai alternatif dalam proses pembelajaran IPS.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204193;
dc.subjectPEMBELAJARAN, QUANTUM TEACHINGen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN TEKNIK SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS (POKOK BAHASAN PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH DI SDN MLOKOREJO 01 KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record