• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X.2 SMA Negeri Ambulu Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (240)_1.pdf (610.6Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Nur Halimah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendekatan pembelajaran Open-Ended merupakan suatu pendekatan pembelajaran berakhir terbuka yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas, dengan mengajukan suatu permasalahan ke kelas yang memiliki banyak penyelesaiaan atau jawaban akhir yang lebih dari satu tidak perlu jawaban yang benar tunggal. Siswa dihadapkan dengan problem open-ended tujuan utamanya bukan untuk mendapatkan jawaban tetapi lebih menekankan pada cara bagaimana pada sampai suatu jawaban. Tujuan penggunaan pembelajaran open-ended untuk membantu mengembangkan kegiatan atau aktivitas siswa dan pola pikir siswa, aktivitas siswa dan pola pikir siswa harus dikembangkan semaksimal mungkin dengan kemampuan setiap siswa. Hal ini yang perlu digaris bawahi adalah perlunya memberikan kesempatan siswa untuk berpikir dengan bebas sesuai dengan minat dan kemampuannya. Aktivitas kelas yang penuh dengan ide-ide ekonomi ini pada gilirannya akan memacu Aktivitas dan berpikir tingkat tinggi siswa. Adapun langkahlangkah dari pendekatan Open-Ended dalam penelitian ini yaitu langkah awal adalah guru membentuk kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 siswa, langkah selanjutnya guru mengajukan permasalahan atau pertanyaan yang bersifat OpenEnded, langkah berikutnya, guru menata pendapat atau gagasan secara sistematis, sambil di akhir pembelajaran guru memilih jawaban atau gagasan terbaik yang sesuai dengan permasalan yang diajukan oleh guru. http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X.2 semester genap SMA Negeri vii http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id Ambulu tahun ajaran 2010/2011. Analisis data dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Open-Ended dapat meningkatkan ativitas dan hasil belajar siswa. peningkatan aktivitas belajar siswa dapat diketahui dari hasil observasi yang dilakukan pada saat pembelajaran ekonomi berlangsung dimana jumlah aktivitas siwa siklus I (pertemuan 1 dan 2) sebesar 65,99% sedangkan pada siklus II (pertemuan 1 dan 2) mengalami peningkatan menjadi sebesar 79,48% lebih tinggi bila dibandingkan siklus I, aktivitas belajar siswa siklus II termasuk katagori aktif. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai post test siswa setelah pembelajaran dengan pendekatan Open-ended. Pada siklus pertama, dari 40 siswa yang mengikuti post test ada 11 siswa yang masih mendapat nilai di bawah 75 yang ketuntasan klasikalnya hanya sebesar 72,5 %. Sedangkan pada siklus II, dari 40 siswa yang mengikuti post test, hanya ada 7 siswa yang masih belum mencapai ketuntasan hasil belajar secara perorangan, berarti ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 82,5% dan telah memenuhi standar ketuntasan hasil belajar. Oleh karena itu pendekatan pembelajaran Open-ended dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningktakan aktivitas dan hasil belajar siswa
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20507
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15350]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository