Show simple item record

dc.contributor.authorNOVI DWI LESTARI
dc.date.accessioned2014-01-22T02:15:27Z
dc.date.available2014-01-22T02:15:27Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM090210101092
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20505
dc.description.abstractTujuan penelitian adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika berdasarkan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada sub pokok bahasan Prisma dan Limas kelas VIII SMP, (2) memperoleh perangkat pembelajaran matematika berdasarkan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada sub pokok bahasan Prisma dan Limas kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat. Model pengembangan yang digunakan beracuan pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel (four D model) dimulai dengan telaah karakteristik siswa, konsep yang akan diajarkan, tugas belajar yang akan diberikan, dan tujuan pembelajaran. Proses pengembangan dilanjutkan dengan merancang prototipe (draf 1) perangkat pembelajaran yang dimulai dengan merancang alat evaluasi dan memilih media serta format pembelajaran. Proses pengembangan selanjutnya adalah validasi serta uji coba perangkat pembelajaran yang dilaksanakan di kelas VIIIA SMP AlMuttaqin Banjarsengon-Jember. Setelah divalidasi, perangkat direvisi sesuai masukan dari para validator. Berdasarkan hasil analisis lembar validasi perangkat pembelajaran koefisien validitas RPP, buku siswa, LKS dan THB berturut-turut adalah, 0,93; 0,89; 0,92; dan 0,87. Oleh karena itu, perangkat pembelajaran tersebut dikatakan valid. Hasil analisis lembar observasi aktivitas guru model dari pertemuan I, II, III, dan IV berturut-turut adalah 88,89%; 91,67%; dan 91,67%. Oleh karena itu, perangkat pembelajaran tersebut telah memenuhi kriteria kepraktisan. Kriteria keefektifan perangkat harus memenuhi tiga komponen yaitu (1) hasil analisis aktivitas belajar siswa dari pertemuan I, II, dan III berturut-turut adalah 84,87%; 90,93%; dan 94%; (2) respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran point 1 sampai 6 berturut-turut adalah 83,6%, 100%, 94%, 81,67%, 83,75% dan 81,5%. (3) nilai akhir THB siswa mencapai skor lebih dari 60. Berdasarkan hasil analisis aktivitas siswa, respon siswa, dan nilai THB siswa dapat dikatakan perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria efektif. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan pada penelitian ini dapat dinyatakan baik karena telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101092;
dc.subjectPembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada Sub Pokok Bahasan Prisma dan Limas Kelas VIII SMPen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) PADA SUB POKOK BAHASAN PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record