• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK WORD SQUARE DI KELAS IV SDN PRINGGONDANI 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub 1 (84)_1.pdf (385.1Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Eko Junianto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan belajar pembelajaran di SDN Pringgondani 02 Jember kurang meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut disebabkan guru masih memberi ceramah dan tanya jawab serta kurang memanfaatkan media sehingga membuat siswa sering mengalami kesulitan-kesulitan dalam memahami dan mengembangkan konsep IPS yang telah dipelajarinya. Selain itu siswa juga cenderung belajar yang terpaku pada buku paket yang ada tanpa harus memperoleh pengalaman secara langsung. Oleh karena itu, guru kelas harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Model cooperative learning (pembelajaran kooperatif) adalah suatu model pembelajaran yang berlangsung dalam lingkungan belajar sehingga siswa dalam kelompok kecil saling berbagi ide-ide dan bekerja sama untuk menyelesaikan tugas akademik. Teknik word square adalah teknik pembelajaran yang memadukan kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokan jawaban pada kotak-kotak jawaban. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi dengan menggunakan model cooperative learning dengan teknik word square di kelas IV SDN Pringgondani 02 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20497
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15431]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository