• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF KAPITAL MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KALIMAT PADA SISWA KELAS II SDN SELOK AWAR-AWAR 03 PASIRIAN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2012-2013

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (141)_1.pdf (219.6Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Kholifah Sufristi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan menulis sebagai salah satu keterampilan dari empat keterampilan berbahasa mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia. Karena hampir semua kegiatan tidak terlepas dari kegiatan menulis baik itu menulis permulaan maupun menulis lanjut. Disini peneliti melakukan penelitian tentang penggunaan huruf kapital karena subjek penelitian adalah siswa kelas rendah. Huruf kapital penting digunakan secara tepat dengan tujuan agar tulisan siswa dapat tertib dan efektif. Namun, kemampuan menulis huruf kapital pada siswa kelas II SDN Selok Awar-Awar 03, Pasirian-Lumajang masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan selama ini cara guru mengajar kurang bervariasi, guru hanya menggunakan metode ceramah dan jarang sekali melibatkan siswa dalam proses pembelajarannya, dan yang aktif selama proses pembelajaran berlangsung hanya guru. Selain itu guru juga belum menggunakan media yang tepat, media yang digunakan hanya papan tulis, sehingga kurang menarik minat siswa untuk belajar. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan penggunaan media yang sesuai dengan siswa. Media pembelajaran yang dipilih adalah media kartu kalimat. Peneliti memilih medi kartu kalimat dengan alasan kartu adalah benda yang menarik dan menyenagkan bagi siswa, sehingga diharapkan dengan penggunaan media ini hasil belajar siswa juga semakin meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan penggunaan media kartu kalimat pada kemampuan menulis huruf kapital siswa kelas II SDN Selok Awar-Awar 03 kecamatan Pasirian Lumajang tahun pelajaran 2012/2013? 2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa setelah pelaksanaan xii penggunaan media kartu kalimat pada kemampuan menulis huruf kapital siswa kelas II SDN Selok Awar-Awar 03 kecamatan Pasirian Lumajang tahun pelajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penerapan penggunaan media kartu kalimat pada kemampuan menulis huruf kapital siswa kelas II SDN Selok Awar-Awar 03 kecamatan Pasirian Lumajang tahun pelajaran 2012/2013. 2) untuk meningkatan hasil belajar siswa setelah pelaksanaan penggunaan media kartu kalimat pada kemampuan menulis huruf kapital siswa kelas II SDN Selok Awar-Awar 03 kecamatan Pasirian Lumajang tahun pelajaran 2012/2013. Rancangan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di SDN Selok Awar-Awar 03 Pasirian-Lumajang. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Selok Awar-Awar 03 yang berjumlah 26 siswa yang terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penerapan penggunaan media kartu kalimat dapat meningkatkan hasil belajar siswa dapat diketahui dari nilai antara prasiklus, siklus I, dan siklus II. Tahap prasiklus, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 11 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 42%. Tahap siklus I, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 17 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 65%. Tahap siklus II, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 22 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 85%. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian adalah: 1) Bagi peneliti diharapkan untuk lebih memeratakan perhatian dan bimbingan pada siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Perhatian dan bimbingan guru sangat besar pengaruhnya bagi aktifitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa. 2) Bagi guru kelas hendaknya menggunakan media untuk lebih memudahkan tersampaikannya materi yang diajarkan pada siswa, sehingga siswa lebih mudah menerima materi dari guru. Apabila siswa mudah menerima materi yang diberikan guru, maka hasil belajar yang diperoleh pun juga semakin meningkat pula.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20387
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository