Show simple item record

dc.contributor.authorOKTAVINA, RESTIKA
dc.date.accessioned2014-01-22T01:21:45Z
dc.date.available2014-01-22T01:21:45Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM070210204142
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20374
dc.description.abstractUpaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia dari tahun ke tahun terus diupayakan pemerintah. Salah satu upaya untuk meningkatkan keberhasilan mutu pendidikan khususnya keberhasilan belajar siswa adalah memperbaiki proses pengajaran. Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran IPA yang dilakukan di kelas V SDN Kebonsari 01 Lumajang, pembelajaran yang dilaksanakan adalah (a) guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa ada inovasi, guru tidak menggunakan metode lain yang dapat menarik minat siswa untuk belajar lebih aktif di kelas, (b) siswa merasa tegang ketika proses pembelajaran berlangsung. Rendahnya aktivitas siswa yang dicapai dapat berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Hasil belajar siswa yang dicapai kelas V SDN Kebonsari 01 Lumajang dapat dilihat dari hasil ulangan harian. Hasil ulangan harian menunjukkan dari 33 siswa kelas V, terdapat 20 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar individual atau sekitar 60,6%. Hasil observasi diatas menunjukkan bahwa diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian adalah (1) bagaimanakah penerapan model K.U.A.S.A.I pada pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, (2) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model K.U.A.S.A.I, dan (3) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model K.U.A.S.A.I. Tujuan penelitian adalah menerapkan model K.U.A.S.A.I pada pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPA melalui model K.U.A.S.A.I, dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPA melalui model K.U.A.S.A.I. Pembelajaran dengan model K.U.A.S.A.I yang terdiri dari enam tahap yaitu kerangka pikiran, uraikan faktanya, apa maknanya, sentakkan ingatan, ajukan yang diketahui, dan introspeksi dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Desain yang dipakai dalam penelitian adalah model skema spiral dari Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan di SDN Kebonsari 01 Lumajang di kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 16 September 2011 sampai 26 September 2011. Aktivitas siswa yang dinilai selama pembelajaran yaitu memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru, mencatat penjelasan guru, bertanya, mengeluarkan pendapat, pemahaman masalah dan kerja sama. Berdasarkan hasil observasi diperoleh persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 71,04% dan siklus II sebesar 77,44%. Rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 74,24%. Hasil tes individu juga mencapai ketunasan secara klasikal. Pada siklus I sebesar 72,72% dan siklus II sebesar 87,88%. Rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 80,3%. Kesimpulan dari penelitian adalah (1) penerapan pembelajaran model K.U.A.S.A.I terlaksana dengan baik dapat dilihat dari terlaksananya sintak pembelajaran yang dilakukan oleh guru terlaksana 100%, (2) aktivitas belajar siswa secara klasikal meningkat dengan persentase sebesar 74,24%, (3) ketuntasan hasil belajar meningkat dengan persentase sebesar 80,3%. Saran penelitian adalah (1) pembelajaran dengan menggunakan model K.U.A.S.A.I dapat berhasil apabila guru dapat menyiapkan hal-hal yang mendukung keberhasilan pembelajaran, (2) model pembelajaran K.U.A.S.A.I dapat dijadikan alternatif pembelajaran, (3) dapat dijadikan sebagai patokan perbaikan untuk penerapan model pembelajaran ini atau untuk penelitian lebih lanjut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204142;
dc.subjectModel K.U.A.S.A.I (Kerangka Pikiran, Uraikan Faktanya, Apa Maknanya, Sentakkan Ingatan, Ajukan Yang Diketahui, Introspeksi)en_US
dc.titlePENERAPAN MODEL K.U.A.S.A.I (KERANGKA PIKIRAN, URAIKAN FAKTANYA, APA MAKNANYA, SENTAKKAN INGATAN, AJUKAN YANG DIKETAHUI, INTROSPEKSI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI KEBONSARI 01 LUMAJANG DALAM PEMBELAJARAN IPAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record