dc.description.abstract | Kualitas pelayanan merupakan hal yang harus dikerjakan oleh penyedia jasa
pangkas rambut khususnya Pangkas Rambut Karisma Jember. Kualitas pelayanan
pangkas rambut yang baik atau buruk tergantung pada kebutuhan atau keinginan
pelanggan terpenuhi atau tidak terpenuhi. Apabila jasa pangkas rambut yang diterima
atau dirasakan sesuai dengan yang diharapkan pelanggan, maka kualitas jasa pangkas
rambut dipersepsikan sebagai kualitas baik atau memuaskan. Jika jasa pangkas
rambut yang diterima melampaui harapan pelanggan pangkas rambut maka kualitas
jasa pangkas rambut dipersepsikan sebagai kualitas jasa yang ideal. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel dimensi kualitas pelayanan jasa yaitu
keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik terhadap kepuasan
pelanggan Pangkas Rambut karisma Jember dan untuk mengetahui variabel dimensi
kualitas pelayanan jasa yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan
pelanggan pada Pangkas Rambut Karisma Jember. Metode penelitian yang digunakan
adalah deskriptif kuantitatif dengan penentuan daerah penelitian secara purposive
area. Penelitian ini menggunakan Purposive Accidental Sampling dalam
pengambilan sampel dan yang menjadi obyeknya adalah pelanggan Pangkas Rambut
Karisma Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket,
wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah
uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien
determinasi berganda, uji-F dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel
dimensi kualitas pelayanan jasa yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan
bukti fisik berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada Pangkas
Rambut Karisma Jember. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji simultan dengan
menggunakan uji-F dimana F
hitung
lebih besar dari F
(29,001 ≥ 2,311). Koefisien
determinasi berganda (R
square
viii
tabel
) sebesar 0,607 yang berarti bahwa variabel dimensi
kualitas pelayanan jasa secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi kepuasan
pelanggan pada Pangkas Rambut Karisma Jember. Berdasarkan hasil sumbangan
proporsi dari masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat, keandalan (X
)
sebesar 9,407%, daya tanggap (X
2
) sebesar 16,29%, jaminan (X
) sebesar 11,52%,
empaty (X
4
) sebesar 6,87% dan bukti fisik (X
5
3
) merupakan variabel yang paling
dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan pada pangkas Rambut Karisma Jember
dengan nilai sebesar 16,60%. | en_US |