Show simple item record

dc.contributor.authorIndah Laksanani
dc.date.accessioned2014-01-22T00:48:03Z
dc.date.available2014-01-22T00:48:03Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM080210274053
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20277
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar IPS di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional, penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, dan praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa. Sehingga pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah IPS yang merupakan salah satu kegiatan utama dalam pembelajaran IPS. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPS, guru harus berperan aktif untuk menciptakan beberapa pendekatan dan metode. Pendekatan tersebut dapat mendekatkan IPS kepada siswa dan dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasa belajar melalui pembelajaran kontruktivisme tipe Role Playing mata pelajaran IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Mlandingan Kulon 03 Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Mlandingan Kulon 03 Kecamatan Mlandingan, dimulai pada tanggal 29 Maret 2011 sampai tanggal 26 April 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 17 anak, terdiri dari 7 laki-laki dan 10 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data ix menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes awal, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktifitas siswa selama proses pembelajaran IPS, dan dalam memecahkan masalah IPS, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Hasil analisis pada aktifitas siswa selama pembelajaran IPS siklus I bertanya dan mengeluarkan pendapat 61,7%, bermain peran 61,7%, menyampaikan hasil diskusi 66,1%, sampai pembelajaran siklus II mengalami peningkatan, bertanya dan mengeluarkan pendapat 51,4%, bermain peran 88,2%, menyampaikan hasil diskusi 67,6%. Kemudian hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar pada siklus I secara klasikal sebesar 76,4% dan siklus II secara klasikal sebesar 82,35%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Peningkatan aktivitas dan prestasi belajar melalui pembelajaran kontruktivisme tipe role playing mata pelajaran IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Mlandingan Kulon Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo berjalan dengan baik dan membuat siswa lebih aktif, antusias, dan tertarik mengikuti pembelajaran (2) pembelajaran IPS dengan menggunakan pembelajaran kontruktivisme tipe role playing dapat meningkatkan aktifitas siswa (3) ketuntasan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II sehingga pembelajaran dianggap sudah tuntas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274053;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajaren_US
dc.titleMeningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Role Playing Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Mlandingan Kulon 03 Kabupaten Situbondo.en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record