PENGARUH ATRIBUT PRODUK SAMPO SUNSILK TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBELI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NIAGA FAKULTAS ILMU SOASIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk sampo
Sunsilk pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember
melalui elemen-elemen utama atribut produk. Penelitian dilakukan di lingkungan
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember yang mengambil responden
mahasiswa sebanyak 121 sampel dari jumlah mahasiswi 2008-2010 aktif heregistrasi
tahun 2010/2011 yang menggunakan sampo Sunsilk.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Teknik pengukuran analisis ini menggunakan analisis regresi
linier berganda melalui uji F test (simultan) dan uji t (parsial) dengan skala
pengukuran menggunakan skala ordinal yang diubah menjadi skala interval.
Penarikan kesimpulan ini menggunakan metode deduktif yaitu penarikan kesimpulan
dari hal-hal yang bersifat umum ke hal-hal yang bersifat khusus (merek (X1), kemasan
(X2), label (X3), layanan pelengkap (X4), dan jaminan (X5)).
Hasil pembahasan dari penelitian ini adalah pengaruh Atribut produk (merek
(X1), kemasan (X2), label (X3), layanan pelengkap (X4), dan jaminan (X5)) secara simultan
terhadap pengambilan keputusan membeli sampo Sunsilk sebesar 11,229. Diketahui
dari hasil uji t varibel merek (X1), layanan pelengkap (X4), dan varibel jaminan (X5)
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengambilan keputusan membeli (Y).
Sedangkan variabel kemasan (X2) dan label (X3) tidak mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap pengambilan keputusan membeli dan berdasarkan uji koefisien
korelasi variabel atribut produk (merek (X1), kemasan (X2), label (X3), layanan pelengkap (X4), dan jaminan (X5)) yang berpengaruh dominan terhadap pengambilan
keputusan membeli produk adalah variabel jaminan (X5) sebesar 22,4 persen.