dc.contributor.author | Merdy Oprasianto | |
dc.date.accessioned | 2014-01-22T00:23:23Z | |
dc.date.available | 2014-01-22T00:23:23Z | |
dc.date.issued | 2014-01-22 | |
dc.identifier.nim | NIM100903102010 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20220 | |
dc.description.abstract | Berhubungan dengan judul yang saya ambil didalam laporan praktek kerja nyata ini
bersangkutan dengan peranan room boy dalam menjaga kualitas kamar yang ada pada hotel
Sahid Surabaya. Setiap hari kamar hotel selalu penuh dan banyak tamu yang menginap di
hotel ini dengan tujuan yang bermacam – macam dan ada pula tamu hotel yang sudah
berulang kali menginap di hotel ini. Dalam membersihkan kamar seorang room boy pada
hotel Sahid Surabaya harus memperhatikan prosedur yang telah di tetapkan agar pada saat
room boy melakukan suatu kegiatan membersihkan kamar tidak terjadi suatu kesalahan dan
kekurangan dalam memenuhi tanggung jawab sebagai room boy. Persiapan dan kesiapan
seorang room boy harus diperhatikan sebelum melakukan suatu kegiatan dalam
membersihkan kamar.
Alasan saya mengapa mengambil tempat praktek kerja nyata ini di hotel Sahid
Surabaya karena kualitas dan pelayanan yang dimiliki oleh hotel ini sangat baik. Dari hal
tersebut saya ingin mengetahui bagaimana cara hotel sahid memberikan pelayanan yang baik
terhadap tamu yang menginap di hotel tersebut. Dalam mempertahankan kualitas kamar room
boy harus melakukan sebuah kegiatan pelayanan kamar tamu hotel. Dalan menjaga mutu
pelayanan, dari pihak hotel selalu memberikan arahan kepada para karyawan hotel agar selalu
memperhatikan segala sesuatu yang harus di kerjakan sesuai dengan peraturan dan prosedur
yang telah di tetapkan pada hotel Sahid Surabaya.
Selama pelaksanaan praktek kerja nyata penulis sebagai mahasiswa yang sedang
melaksanakan magang bertugas layaknya pegawai di Hotel Sahid Surabaya tersebut. Dengan
dibantu oleh pegawai – pegawai lain yang memang benar – benar mampu untuk mendidik
para siswa atau mahasiswa yang melaksanakan praktek kerja nyata. Dengan waktu yang
relatif singkat hanya selama 10 minggu, penulis gunakan waktu singkat tersebut dengan
sebaik mungkin. Dalam proses kegiatan praktek kerja nyata ini penulis tidak hanya bekerja
pada satu bagian atau departmen saja tetapi secara bergantian pada beberapa departmen yang
ada di Hotel Sahid Surabaya. Hal ini dilakukan agar penulis dapat mengetahui segala
kegiatan dari setiap departmen. Adapun departmen – departmen yang penulis jadikan sebagai
tempat kegiatan praktek kerja nyata tersebut yaitu bagian Tata Graha atau Housekeeping, dan
Banquet. Pada bagianBanquet penulis bekerja sebagai waiter atau pelayan selama 1,5 bulan.
Kemudian penulis bekerja sebagai roomboy pada bagian Tata Graha atau Housekeeping.
Setiap pergantian departmen maka jadwal masuk kerja pun ikut berubah mengikuti waktu
kerja departmen yang diikuti. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 100903102010; | |
dc.subject | Room Boy, Kualitas Kamar Di Hotel Sahid Surabaya | en_US |
dc.title | PERANAN ROOM BOY DALAM MEMPERTAHANKAN KUALITAS KAMAR DI HOTEL SAHID SURABAYA | en_US |
dc.type | Other | en_US |