Show simple item record

dc.contributor.authorAhmad Rony Nur Fauzi
dc.date.accessioned2014-01-22T00:14:27Z
dc.date.available2014-01-22T00:14:27Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM040210101272
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20203
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi temuan-temuan di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan penalaran formal siswa lebih rendah dari tingkat perkembangan kognitif yang telah ditetapkan oleh Piaget. Beberapa penelitian yang dilakukan di Jember mendapatkan hasil bahwa kemampuan penalaran formal, khususnya siswa sekolah menengah masih sangat rendah. Di daerah Jember Kota terdapat 3 jenis sekolah jenjang menengah yaitu SMA, MA dan SMK. Tiga jenis sekolah ini berbeda dari segi jumlah beban belajar, kapasitas pengajaran matematika, dan lingkungannya, sehingga ada kemungkinan tingkat kemampuan penalaran formalnya berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimanakah karakteristik tingkat kemampuan penalaran formal siswa Jenjang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Negeri di Jember Kota ditinjau dari tingkat perkembangan kognitif Piaget dan mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan kemampuan penalaran formal siswa dari ketiga jenis sekolah tersebut serta perbedaan kemampuan penalaran formal siswa eksakta dan non eksakta. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai pertimbangan bagi sekolah khususnya guru matematika dalam menentukan metode pembelajaran yang digunakan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210101272;
dc.subjectKEMAMPUAN PENALARAN FORMAL SISWAen_US
dc.titleKARAKTERISTIK KEMAMPUAN PENALARAN FORMAL SISWA JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH DAN KEJURUAN NEGERI DI JEMBER TAHUN AJARAN 2008/2009en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record