Show simple item record

dc.contributor.authorHESTY FEBRIAN WIDYANA
dc.date.accessioned2014-01-22T00:00:13Z
dc.date.available2014-01-22T00:00:13Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM080210204319
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20182
dc.description.abstractKeterampilan berbahasa pada dasarnya memiliki empat aspek yakni : keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat keterampilan tersebut hendaknya mendapat porsi seimbang dan terintegrasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan kepada siswa, sebab keempat keterampilan tersebut memiliki keterkaitan satu dengan yang lain untuk menuju pada bahasa sebagai alat komunikasi yang mudah dimengerti. Berdasarkan observasi pada pelajaran Bahasa Indonesia materi membuat dialog dengan Tema Kesehatan yang dilakukan peneliti terhadap guru kelas pada saat mengajar diperoleh keterangan hanya 2 siswa yang mendapat nilai B Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa baik secara lisan maupun tulisan dengan baik dan benar yang dibuktikan dengan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media berupa gambar peristiwa aktual yang diambil dari media cetak agar siswa dapat berpendapat sekaligus memberikan solusi dari peristiwa tersebut sesuai perspektif siswa SD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu satu kelas di kelas V SDN Mlokorejo 04 Puger sejumlah 23 Siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 11 perempuan. Adapun Informan Peneliti yaitu Guru Kelas V SDN Mlokorejo 04 Puger, Siswa, dan Referensi yang berkaitan dengan penelitian. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar untuk meningkatkan kemampuan mengungkapkan pendapat siswa kelas V SDN Mlokorejo 04 Kecamatan Puger berjalan dengan baik, siswa terlihat lebih antusias dan tertarik dalam mengikuti pelajaran. Media gambar yang menarik dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa. Hal tersebut dapat ditunjukkan pada analisis aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu siswa mengajukan pertanyaan, mengajukan pendapat, memperhatikan penejelasan guru, dan mengerjakan tugas dengan baik dan semangat. Peningkatan aktifitas belajar siswa sampai pada siklus II mencapai 78 % dan tergolong dalam kategori sangat aktif. Penerapan media gambar yang terintegrasikan dalam siskusi kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar pada siklus 1 secara klasikal sebesar 74% Saran peneliti adalah guru dapat menerapkan penggunaan media gambar yang menarik sebagai alternatif dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan suatu bimbingan secara individu agar siswa lebih terbuka dan mau bertanya, mempresentasikan hasil diskusi dan selalu siap dalam menerima materi pembelajaran. Hal tersebut dimaksudkan agar siswa lebih memahami dan mampu mengungkapkan pendapatnya secara lisan maupun tulisan. Guru harus memilih gambar yang sesuai dengan materi dan mengangkat topik diskusi yang sederhana sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan siswa serta membuat persiapan yang baik yang sesuai dengan perkembangan diri dan kesiapan siswa agar dalam proses pembelajaran nanti dapat berjalan dengan lancar. Peneliti yang ingin meneliti kasus sejenis, maka hasil penelitian ini dapat menjadi referensi dan pedoman untuk melakukan penelitian lebih lanjut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204319;
dc.subjectPeningkatan Kemampuan Mengungkapkan Pendapat Melalui Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Mlokorejo 04 Pugeren_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN PENDAPAT MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN MLOKOREJO 04 PUGERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record