dc.description.abstract | Perusahaan perlu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan
konsumen dalam melakukan pembelian surat kabar, serta bagaimana caranya agar
produk yang dijual itu dapat memuaskan konsumen sehingga dapat memperlancar
usahanya.. Oleh karena itu pemasar harus mempelajari dan memahami bagaimana
konsumen berperilaku. Perilaku konsumen sebagai tindakan yang langsung
terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, menghabiskan produk dan jasa,
termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusul tindakan-tindakan
untuk mendapatkan dan mempergunakan suatu produk sehingga kebutuhan dan
keinginan dapat terpenuhi. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui
pengaruh faktor internal dan eksternal yang terdiri yang terdiri atas variabel usia,
pendidikan, kelas sosial, kelompok referensi, ketersediaan produk, karakteristik
produk, harga terhadap keputusan pembelian harian Kompas secara simultan dan
parsial pada masyarakat Jember.
Penelitian yang akan dilakukan di Kota Jember ini adalah penelitian
penjelasan (explanatory research) dengan menggunakan metode survey. Populasi
penelitian ini adalah pengambil keputusan pembelian Surat Kabar Harian Kompas
baik yang membeli maupun yang tidak membeli surat kabar di Wilayah Perkotaan
Jember. Metode pengambilan sampelnya dilakukan dengan teknik Purposive
sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100
responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji
reliabilitas dan regresi logistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor usia, pendidikan, kelas sosial,
kelompok referensi, ketersediaan produk, karakterisktik produk dan harga terbukti
berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumen dalam pengambilan
keputusan pembelian harian Kompas secara bersama-sama (simultan) dan parsial. | en_US |