• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MENJADI PELANGGAN HARIAN PAGI KOMPAS PADA MASYARAKAT DI WILAYAH PERKOTAAN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    K (142)k_1ekonomi.pdf (460.6Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    ADITYA PRAYUGA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perusahaan perlu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian surat kabar, serta bagaimana caranya agar produk yang dijual itu dapat memuaskan konsumen sehingga dapat memperlancar usahanya.. Oleh karena itu pemasar harus mempelajari dan memahami bagaimana konsumen berperilaku. Perilaku konsumen sebagai tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusul tindakan-tindakan untuk mendapatkan dan mempergunakan suatu produk sehingga kebutuhan dan keinginan dapat terpenuhi. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan eksternal yang terdiri yang terdiri atas variabel usia, pendidikan, kelas sosial, kelompok referensi, ketersediaan produk, karakteristik produk, harga terhadap keputusan pembelian harian Kompas secara simultan dan parsial pada masyarakat Jember. Penelitian yang akan dilakukan di Kota Jember ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini adalah pengambil keputusan pembelian Surat Kabar Harian Kompas baik yang membeli maupun yang tidak membeli surat kabar di Wilayah Perkotaan Jember. Metode pengambilan sampelnya dilakukan dengan teknik Purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor usia, pendidikan, kelas sosial, kelompok referensi, ketersediaan produk, karakterisktik produk dan harga terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian harian Kompas secara bersama-sama (simultan) dan parsial.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20147
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12462]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository