Show simple item record

dc.contributor.authorDita Nur Alfiana, Ria
dc.date.accessioned2014-01-21T20:07:16Z
dc.date.available2014-01-21T20:07:16Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM080210102039
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20103
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas VIII di SMP Negeri 7 Jember diperoleh informasi bahwa dalam proses pembelajaran di kelas telah dilengkapi dengan buku pegangan untuk siswa berupa buku paket dan LKS, tetapi guru kesulitan dalam menerapkannya di kelas. Guru cenderung menggunakan buku paket yang bersifat informatif dan kurang menarik sehingga siswa kurang termotivasi untuk membaca dan mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya. Selain itu guru sering menggunakan LKS yang struktur dan isinya masih bersifat monoton, yakni konsep materi kurang dan soal-soal latihan terlalu sulit. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami konsep Fisika tersebut. Selain itu buku paket yang ada di sekolah umumnya juga terbatas jumlahnya. Strategi yang dapat dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi permasalahan di atas dengan melakukan penelitian pengembangan suatu bahan ajar fisika berupa komik yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar. Komik sebagai media pembelajaran merupakan suatu bentuk media komunikasi visual yang mempunyai kekuatan untuk menyampaikan informasi secara popular dan mudah dimengerti. Bahan ajar fisika berupa komik yang dihasilkan meliputi, yaitu: buku ajar siswa dan lembar kegiatan siswa (LKS). Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar fisika yang berkualitas, mengetahui motivasi siswa dan meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa setelah menggunakan bahan ajar fisika yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar fisika berupa komik pada materi cahaya di SMP. Pengembangan bahan ajar fisika menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D. Memahami keterbatasan peneliti dari aspek waktu dan biaya maka penelitian pengembangan ini memodifikasi model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D hanya sampai tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Alat perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar observasi. Metode perolehan data yang digunakan adalah validasi logic, observasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah validasi logic, hasil observasi motivasi belajar siswa, dan pemahaman konsep siswa. Hasil validasi logic mendapatkan kesimpulan bahwa bahan ajar fisika berupa komik berkategori baik dan layak digunakan pada uji pengembangan di kelas. Uji pengembangan dilaksanakan dengan melakukan uji homogenitas terlebih dahulu sehingga didapatkan kelas VIII C SMP Negeri 7 Jember sebagai kelas untuk uji pengembangan. Motivasi belajar siswa berdasarkan hasil observasi telah terlaksana dengan baik. Motivasi belajar secara klasikal sebesar 89,93 % sehingga siswa kelas VIII C dikatakan sangat termotivasi selama proses pembelajaran menggunakan bahan ajar fisika berupa komik. Pemahaman konsep fisika siswa secara klasikal sebesar 92,08% sehingga siswa kelas VIII C SMP Negeri 7 Jember dikatakan sangat paham setelah menggunakan bahan ajar fisika berupa komik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102039;
dc.subjectBahan Ajar Fisika, Komik, Materi Cahayaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERUPA KOMIK PADA MATERI CAHAYA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record