Show simple item record

dc.contributor.authorAthik Miftahul Khoir
dc.date.accessioned2014-01-21T14:07:06Z
dc.date.available2014-01-21T14:07:06Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM080210204166
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20037
dc.description.abstractHasil observasi pendahuluan menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang diajarkan masih menggunakan metode dan media yang sederhana dan kurang bervariasi sehingga pembelajaran cenderung membosankan dan siswa menjadi kurang aktif. Hal ini menjadi salah satu faktor masih rendahnya hasil belajar siswa. Penggunaan metode Diskusi danmedia CD pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa, , karena dengan menggunakan CD pembelajaran KBM menjadi menjadi lebih menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dan media CD pembelajaran; (2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode diskusi dan media CD pembelajaran; (3) untuk mendeskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode diskusi dan media CD pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidomulyo 09 Kecamatan Silo Kabupaten Jember yang terdiri dari 15 siswa, 5 orang siswa laki-laki dan 10 orang perempuan. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus dan diawali dengan pra siklus. Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis tes individu, dan tes kelompok. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar, berturut-turut menggunakan rumus: A Pa = dan %100x N %100x n E = . N Berdasarkan analisis data untuk aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa klasikal dari rata-rata siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, secara berurutan yaitu 36,67% dalam kategori kurang aktif dan 73,33% dalam kategori sangat aktif. Hasil belajar pra siklus nilai rata-rata kelas 62,67 dengan nilai terendah 52 dan nilai tertinggi 94. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat hingga mencapai 66,6 dengan nilai terendah 45 dan nilai tertinggi 95. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat hingga mencapai 70,27 dengan nilai terendah 51 dan nilai tertinggi 100. Berdasarkan hal tersebut, ketuntasan hasil belajar siswa terlihat pada prasiklus (sebelum tindakan) adalah 33,33% dengan 10 siswa belum tuntas, siklus I adalah 60% dengan 6 siswa belum tuntas dan pada siklus II adalah 80% dengan 3 siswa belum tuntas. Hasil analisis tersebut terlihat persentase pada setiap siklus mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) aktivitas siswa selama pembelajaran IPA menggunakan metode diskusi dan media CD pembelajaran mengalami peningkatan dan termasuk pada kategori aktivitas siswa yang sangat aktif; (2) hasil belajar siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan dan sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal; (3) Pembelajaran IPA menggunakan metode diskusi dan media CD pembelajaran dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas III SDN Sidomulyo 09 Kecamatan Silo Kabupaten Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204166;
dc.subjectETODE DISKUSI DAN MEDIA CDen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM (SDA) DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS III SDN SIDOMULYO 09 SILO-JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record