Show simple item record

dc.contributor.authorAthiah Arifiana Arwi
dc.date.accessioned2014-01-21T13:55:41Z
dc.date.available2014-01-21T13:55:41Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM060210192212
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20035
dc.description.abstractFisika merupakan bidang ilmu yang banyak membahas tentang alam dan gejalanya, dari yang bersifat riil (terlihat secara nyata) hingga yang bersifat abstrak. Pada tingkat SMP, fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu (IPA Terpadu) yang menerangkan tentang kejadian-kejadian alam. Pembelajaran fisika di SMP bertujuan untuk mengembangkan keterampilan proses untuk memperoleh konsep-konsep fisika dalam menumbuhkan nilai dan sikap ilmiah siswa. Oleh karena itu siswa dituntut untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar di sekolah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya di bidang studi fisika. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas VII C SMP Negeri 3 Tanggul, ditemukan dari 36 siswa hanya 52,7% yang mendapatkan nilai ≥ 75. Aktivitas belajar siswa juga tergolong rendah yaitu dari 36 siswa hanya 44,4% siswa yang aktif memperhatikan pelajaran; 36,1% siswa yang bertanya atau menjawab pertanyaan; 37,03% siswa yang mencatat; 30,5% siswa yang aktif melakukan diskusi dan 40,7% siswa yang aktif mengerjakan tugas. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Learning Cycle dengan Teknik Pick Up Cards Game. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan model pembelajaran Learning Cycle dengan teknik pick up cards game dalam meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa pada kelas VII.C SMP Negeri 3 Tanggul, dan (2) Mendeskripsikan model pembelajaran Learning Cycle dengan teknik pick up cards game dalam meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa pada kelas VII.C SMP Negeri 3 Tanggul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tanggul, pengambilan subyek penelitian adalah kelas VII C sebanyak 36 siswa, kelas ini ditentukan berdasarkan masalah yang terjadi di kelas melalui aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian menggunakan Siklus Penelitian Tindakan Kelas Model Hopkins. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Persentase ketuntasan hasil belajar digunakan untuk menunjukkan peningkatan ketuntasan hasil belajar antara pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Persentase aktivitas belajar digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Data hasil observasi memperlihatkan bahwa ketuntasan hasil belajar pra siklus dan setelah siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika dari 52% menjadi 63%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa juga meningkat menjadi 80% pada siklus II. Pada siklus II telah tercapai kriteria ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan oleh SMP Negeri 3 Tanggul. Persentase aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan antara sebelum siklus dan setelah siklus. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa mencapai tingkat aktivitas tinggi atu aktif yaitu dengan persentase aktivitas sebesar 61%. Model pembelajaran learning cycle dengan teknik pick up cards game merupakan model pembelajaran yang dipadukan dengan suatu teknik permainan pembelajaran dengan media kartu. Model pembelajaran tersebut mempunyai beberapa tahapan kegiatan. Pada tahap pertama, yang dilaksanakan pada pertemuan pertama yaitu engagement (ajakan), exsploration (eksplorasi), explanation (penjelasan), elaboration (pengembangan) yaitu penerapan teknik pick up cards game dan pada pertemuan selanjutnya merupakan kegiatan evaluasi yaitu mengevaluasi kegiatan pembelajaran serta pemberian post test. Pada penerapan model learning cycle dengan teknik pick up cards game ini diterapkan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Berdasarkan pada hasil dan analisis data yang telah didapatkan pada siklus kedua, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle dengan teknik pick up cards game dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa dengan kategori sedang dan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas VII C SMP Negeri 3 Tanggul semester ganjil tahun 2010/2011 dengan kategori aktif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210192212;
dc.subjectPEMBELAJARAN LEARNING CYCLEen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN TEKNIK PICK UP CARDS GAME (PERMAINAN MEMUNGUT KARTU) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VII C DI SMP NEGERI 3 TANGGULen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record