Show simple item record

dc.contributor.authorASTRI RATNANI
dc.date.accessioned2014-01-21T12:09:23Z
dc.date.available2014-01-21T12:09:23Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM070210204072
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20014
dc.description.abstractMetode simulasi untuk meningkatkan kemampuan berbicara dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran ini karena siswa belajar sambil bermain sehingga siswa tidak bosan dalam pembelajaran. Siswa diberi kesempatan untuk bersimulasi, dalam penelitian ini siswa bersimulasi seolah-olah menjadi tumbuhan serta memperkenalkan dirinya, menyebutkan ciri-ciri dan manfaatnya, dengan menggunakan metode ini kemampuan berbicara siswa dapat mengalir lancar berdasarkan jenis tumbuhan yang diperankan. Berdasarkan pokok masalah tersebut, maka rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah proses penerapan metode simulasi yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas II SDN Gebang 01 Jember, dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar kemampuan berbicara siswa kelas II SDN Gebang 01 Jember setelah diterapkan metode simulasi. Berdasarkan rumusan masalah yang ada, maka tujuan penelitian adalah mendeskripsikan proses penerapan metode simulasi untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas II SDN Gebang 01 Jember dan meningkatkan hasil belajar kemampuan berbicara siswa kelas II SDN Gebang 01 Jember setelah diterapkan metode simulasi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Gebang 01 Jember pada semester genap. Subjek penelitian yang diambil yaitu seluruh siswa kelas II SD Negeri Gebang 01 Jember tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara, dan metode dokumentasi, sedangkan data yang dikumpulkana adalah berupa aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran, hasil tes, hasil wawancar, dan dokumen-dokumen lain yang mendukung penelitian. Dalam pembelajaran dengan metode simulasi untuk meningkatkan kemampuan berbicara adanya suatu peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil tes pada siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 hasil tes ketuntasan klasikal yaitu sebesar 70% dan pada siklus 2 sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa siklus 1 dan siklus 2 mengalami suatu peningkatan sebesar 30%. Pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa secara klasikal belum tercapai maka pembelajaran dilanjutkan pada siklus 2. Setelah siklus 2 dilaksanakan, belajar siswa dikatakan tuntas sehingga penelitian hanya dilakukan sebanyak 2 siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode simulasi untuk meningkatkan kemampuan berbicara berjalan dengan baik dan mendapat respon positif dari siswa maupun guru kelas II SD Negeri Gebang 01 Jember. Pembelajaran kemampuan berbicara dengan menggunakan metode simulasi juga dapat membuat siswa aktif dan menyenangkan dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk berbicara dengan ekspresi sebagai tumbuhan. Aktivitas siswa dalam pembelajaran sangat meningkat, persentase hasil belajar siswa secara klasikal pada pembelajaran ini mengalami peningkatan yang awalnya hanya sebesar 40% menjadi 100%. Atas dasar kesimpulan hasil penelitian, maka saran yang dapat peneliti sampaikan adalah guru sekolah dasar kiranya dapat memanfaatkan pembelajaran kemampuan berbicara dengan menggunakan metode simulasi sebagai salah satu alternatif teknik pembelajaran dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan para peneliti di bidang bahasa dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan teknik pembelajaran yang berbeda sehingga didapat berbagai alternatif teknik pembelajaran kemampuan berbicara.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204072;
dc.subjectMETODE SIMULASIen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN METODE SIMULASI SISWA KELAS II SDN GEBANG 01 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record