Show simple item record

dc.contributor.authorASTRI MAULIDA YUSFI
dc.date.accessioned2014-01-21T12:02:53Z
dc.date.available2014-01-21T12:02:53Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM050210301277
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20010
dc.description.abstractKegiatan belajar mengajar melibatkan beberapa komponen, yaitu peserta didik, guru (pendidik), tujuan pembelajaran, isi pelajaran, model pembelajaran, media dan evaluasi. Guru harus mempunyai strategi belajar mengajar agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien. Salah satu strategi yang dapat menentukan keberhasilan siswa dalam belajar adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Pemilihan dan penggunaan model pembelajaran dapat menciptakan kondisi yang memudahkan siswa untuk belajar sehingga model pembelajaran yang digunakan oleh guru dapat membantu meningkatkan motivasi siswa selama proses pembelajaran dan sesuai dengan karakteristik materi pelajaran yang diberikan. Jenis pembelajaran yang tepat untuk memaksimalkan motivasi belajar siswa dan tepat untuk digunakan dalam pembelajaran ekonomi adalah pembelajaran kooperatif numbered heads together. Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang menggunakan metode diskusi sehingga dapat memberikan lingkungan belajar yang memungkinkan siswa bekerjasama dalam satu kelompok kecil yang kemampuannya berbeda (heterogen) untuk menyelesaikan tugas-tugas akademik. Model pembelajaran kooperatif numbered heads together merupakan suatu bentuk model pembelajaran kooperatif yang menggunakan metode diskusi dengan ciri khusus berupa penomoran pada masing-masing peserta diskusi. Nomor peserta diskusi digunakan sebagai pengganti nama selama pelaksanaan diskusi kelompok. Kelebihan numbered heads together dibandingkan model pembelajaran koperatif lainnya yakni siswa tidak dapat menggantungkan diri pada siswa lain yang lebih pandai sebagai pembicara utama yang akan menutupi ketidakpahaman anggota kelompok lainnya akan materi karena presentasi dilakukan secara perseorangan. Setiap anggota kelompok memiliki kemungkinan yang sama dalam mewakili kelompok masing-masing untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas, sehingga siswa akan berusaha memahami materi dan termotivasi untuk belajar. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode populasi yaitu seluruh siswa kelas X.A semester Gasal di Madrasah Aliyah Negeri Jember 2 sebanyak 44 siswa terdiri dari 30 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih berminat dalam mengikuti pembelajaran ekonomi yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered heads together, hal ini terbukti dari minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran, semangat dan rasa tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas-tugas belajarnya, rasa senang dalam mengerjakan tugas dari guru, dan reaksi positif yang ditunjukkan siswa terhadap stimulus yang diberikan guru. Hasil penelitian menyatakan bahwa skor rata – rata motivasi belajar siswa pada siklus I mencapai 2,9 dengan kategori motivasi belajar tinggi. Pada siklus II skor rata – rata motivasi siswa mencapai 3,1 dengan kategori motivasi belajar sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model pembelajaran kooperatif Numbered heads together efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran ekonomi serta dapat menimbulkan terjadinya peningkatan motivasi belajar siswa kelas X.A Madrasah Aliyah Negeri Jember 2 semester gasal Tahun Pelajaran 2009/2010 pada pelajaran ekonomi Pokok Bahasan Sistem Ekonomi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210301277;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record