Show simple item record

dc.contributor.authorEmmy Hernawati S
dc.date.accessioned2014-01-21T10:00:32Z
dc.date.available2014-01-21T10:00:32Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM010210101062
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19983
dc.description.abstractHasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan guru. Guru yang dapat memilih metode pembelajaran yang tepat, dapat mendorong siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Metode inquiry merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, aktivitas siswa serta mengetahui hasil belajar mana yang lebih baik antara siswa yang diajar dengan metode ekspositori dan metode inquiry pada sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran di kelas II semester 2 SMP Negeri 9 Jember tahun ajaran 2005/2006. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang menggunakan pola random terhadap subjek. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 16 Mei sampai 30 Mei 2006, di SMP Negeri 9 Jember tahun ajaran 2005/2006, dengan responden penelitian yaitu siswa kelas IID dan kelas IIC. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan metode observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Analisa data yang digunakan yaitu uji homogenitas, uji normalitas, uji perbedaan aktivitas siswa dan uji perbedaan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ekspositori dan metode inquiry pada sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran di kelas II semester 2 SMP Negeri 9 Jember tahun ajaran 2005/2006, dan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode inquiry lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode ekspositori. Selain itu, dapat disimpulkan bahwa tidak ix terdapat perbedaan yang signifikan antara aktivitas siswa yang diajar dengan metode ekspositori dan metode inquiry . Saran yang dapat diberikan adalah: (1) pembelajaran dengan menggunakan metode inquiry dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Guru dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan sendiri prinsip atau konsep yang baru; (2) penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi peneliti lain untuk penelitian lebih lanjut dengan pokok bahasan yang berbeda, misalkan melihat perbedaan hasil belajar siswa dengan membedakan prestasi siswa yaitu tinggi, cukup dan rendah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries010210101062;
dc.subjectMetode Ekspositorien_US
dc.titleStudi Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Diajar dengan Metode Ekspositori dan Metode Inquiry pada Sub Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di Kelas II Semester 2 SMP Negeri 9 Jember Tahun Ajaran 2005/2006,en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record