Show simple item record

dc.contributor.authorIqvi Fitasari
dc.date.accessioned2014-01-21T08:10:04Z
dc.date.available2014-01-21T08:10:04Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM092110101067
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19962
dc.description.abstractAcquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) merupakan syndrome atau kumpulan penyakit yang disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV) yaitu retrovirus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. AIDS memang telah menjadi masalah serius yang mengancam kesehatan masyarakat. Klinik VCT merupakan pintu gerbang untuk memperoleh informasi HIV/AIDS, melakukan konseling dan tes HIV, serta dukungan pengobatan yang tepat bagi ODHA. RSD Balung sebagai rumah sakit yang memiliki pelayanan VCT, membutuhkan pelayanan yang berkualitas bagi pasien. Dengan demikian, pasien mendapatkan pelayanan yang lebih baik, menurunkan stigma, dan mengurangi diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS. Mengkaji sistem manajemen pelayanan VCT yang sesuai dengan kondisi di RSD Balung dengan membandingkan pelayanan VCT yang ada di Pedoman Pelayanan VCT berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 1507/Menkes/SK/X/2005 dapat menggunakan pendekatan sistem input, proses, dan output yang saling berkaitan. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji input yang meliputi sarana, SDM, dan pendanaan dalam manajemen pelayanan VCT; mengkaji proses yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, tahapan pelayanan VCT, dan evaluasi kegiatan; mengkaji output dalam manajemen pelayanan konseling dan testing HIV/AIDS secara sukarela di Klinik VCT RSD Balung Kabupaten Jember tahun 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan purposive sampling. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 9 orang. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu: data primer dari wawancara dengan indepth interview dan observasi dengan menggunakan lembar check list. Data sekunder meliputi: dokumen perencanaan pelayanan VCT, SPM pelayanan VCT, Tupoksi Pelayanan VCT, kartu inventaris ruangan klinik VCT, struktur organisasi klinik VCT, buku pedoman pelaksanaan VCT, dan data kunjungan pasien VCT. Tehnik pengumpulan data primer dilakukan dengan cara wawancara dengan indepth interview dan observasi dengan mengunakan lembar check list sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen terkait pelayanan klinik VCT. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa komponen input dari sarana yang mendukung dalam pelaksanaan program masih belum tersedia secara menyeluruh, jumlah SDM yang terlatih sudah mencukupi dalam melaksanakan pelayanan dengan latar belakang pendidikan yang telah ditetapkan, dan dana untuk program ini masih belum mencukupi. Komponen proses pelaksanaan program pelayanan VCT dilihat dari tahap-tahap pelayanan VCT yang di lakukan yakni konseling pra testing, informed consent, testing dan konseling pra testing setiap elemen dari tahap-tahap tersebut telah di laksanakan. Tetapi masih ada hambatan operasional dari pelaksanaan pelayanan VCT adalah kemampuan mengkonseling klien karena adanya hambatan eksternal dan hambatan internal dari klien. Komponen output sudah memberikan pelayanan dengan baik sehingga pasien yang memanfaatkan pelayanan VCT dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Dengan melihat komponen input, proses, dan komponen output manajemen program pelayanan VCT di Klinik VCT RSD Balung diharapkan untuk membuat rencana program yang lebih inovatif dan tidak pasif menunggu pasien datang, harus lebih bergerak untuk mencari sasaran penderita HIV/AIDS. Memperbaiki sistem pelayanan klinik VCT sesuai dengan pedoman pelayanan VCT Kepmenkes Nomor 1507/Menkes/SK/X/2005.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries092110101067;
dc.subjectSistem Manajemen Pelayanan Konseling dan Testingen_US
dc.titleKAJIAN SISTEM MANAJEMEN PELAYANAN KONSELING DAN TESTING HIV/AIDS SECARA SUKARELA DI KLINIK VCT RSD BALUNG KABUPATEN JEMBER TAHUN 2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record