PENERAPAN METODE PERMAINAN TEBAK KATA GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Siswa Kelas XII PJ 2 SMKN 1 Tanggul Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Bentuk Pengkhususan Perusahan Semester Genap Tahun Ajaran 2008/2009 )
Abstract
Guru sangat berpengaruh pada perubahan tingkat pengetahuan siswa. Dalam
meningkatkan pengetahuan siswa, seorang guru harus pandai menyampaikan materi
pelajaran sehingga mudah dipahami dan dimengerti siswa. Proses pembelajaran
dinyatakan berhasil atau tidak ditentukan oleh hasil belajar yang dicapai siswa.
Kegiatan belajar mengajar tidak terlepas dari berbagai permasalahan. Salah satu
permasalahan yang sering terjadi adalah rendahnya hasil belajar siswa. Permasalahan
ini dapat terjadi pada setiap mata pelajaran di berbagai sekolah. Salah satunya adalah
pada mata pelajaran Ekonomi kelas XII PJ 2 di SMK Negeri 1 Tanggul.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa
selama proses pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh siswa dengan
menerapan metode permainan tebak kata penerapan metode permainan tebak kata
guna meningkatkan hasil belajar siswa. (studi kasus pada siswa kelas XII PJ 2 smk
Negeri 1 Tanggul pada mata pelajaran Ekonomi pokok bahasan bentuk pengkhususan
perusahaan semester genap tahun ajaran 2008/2009.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
model siklus. Penelitian ini mengambil kelas XII PJ 2 SMK Negeri 1 Tanggul
sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 22 siswi dan 14 siswa sebagai subjek penelitian
karena siswa kelas XII PJ 2 mempunyai hasil belajar yang paling rendah
dibandingkan dengan kelas XII yang lainnya dalam hal ini adalah pada mata
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
xvii
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
pelajaran Ekonomi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun analisis data
yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Penelitian ini diperoleh hasil bahwa siswa lebih antusias dan senang dalam
mengikuti pembelajaran Ekonomi dengan menggunakan metode permainan tebak
kata, hal ini terbukti dari ketidakseganan siswa untuk bertanya baik pada guru
maupun pada observer jika mereka mengalami kesulitan. Dari penelitian ini juga
didapatkan hasil yang menyatakan rata – rata aktivitas siswa pada siklus I mencapai
65,3% dengan rincian sebagai berikut: memperhatikan penjelasan dan mendengarkan
penjelasan 93,1%, bertanya 26,4%, menjawab dan mengemukakan pendapat 27,8%,
ketepatan menjawab kata yang dimaksud 83,3%, ketepatan menjawab kata yang
dimaksud dengan waktu yang disediakan 77,8% dan kelancaran bermain tebak kata
83,3%. Pada siklus II rata – rata aktivitas siswa mencapai 90,8% dengan rincian
sebagai berikut: memperhatikan penjelasan dan mendengarkan penjelasan 98,6%,
bertanya 79,2%, menjawab dan mengemukakan pendapat 90,2%, ketepatan
menjawab kata yang dimaksud 94,4%, ketepatan menjawab kata yang dimaksud
dengan waktu yang disediakan 88,9% dan kelancaran bermain tebak kata 94,4%,
sehingga dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran dengan
menggunakan permainan tebak kata cukup baik, sedangkan untuk ketuntasan belajar
siswa pada siklus I mencapai 83,3% dan pada siklus II mencapai 97,2%. Perolehan
ini menunjukkan bahwa penerapan metode tersebut cukup efektif untuk diterapkan
dalam pembelajaran Ekonomi pokok bahasan bentuk pengkhususan perusahaan
semester genap tahun ajaran 2008/2009.