Show simple item record

dc.contributor.authorEKO BAGUS SUNYOTO
dc.date.accessioned2014-01-21T07:33:10Z
dc.date.available2014-01-21T07:33:10Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM070210204362
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19942
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Kesulitan-kesulitan tersebut meliputi kurang dapat menuliskan kalimat matematika dari soal pemecahan masalah dan keterampilan berhitung. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya nilai yang diperoleh siswa dalam pembelajaran soal-soal pemecahan masalah terutama pada operasi hitung campuran. Oleh karena itu, dicoba untuk dilakukan perbaikan pembelajaran kooperatif soal pemecahan masalah operasi hitung campuran dengan bantuan alat peraga manipulatif pada siswa kelas II SDN Karang Kedawung 01. Penelitian ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan tentang bagaimana penerapan pembelajaran soal pemecahan masalah operasi hitung campuran, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa khususnya dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah operasi hitung campuran. Tujuan penelitian ini diharapkan nantinya siswa dapat mengembangkan kemampuan berfikir siswa setelah diajarkan dengan pendekatan pemecahan masalah Polya dan bantuan alat peraga manipulatif. Bagi guru, penelitian ini juga sebagai salah satu alternatif untuk mengajarkan soal pemecahan masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 23 Februari-25 Maret 2010. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Metode pengambilan data dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Data yang diambil dengan metode observasi adalah data aktivitas guru, aktivitas siswa, dan kegiatan sharing kelompok sedangkan data yang diambil dengan metode tes adalah data tentang skor ketuntasan belajar siswa. Data yang telah diambil, dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Pada siklus I kegiatan pembelajaran masih kurang berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan masih ada sebagian siswa yang kurang terampil dalam menggunakan blok Dienes dalam menyusun rencana/menuliskan kalimat matematika dan melaksanakan rencana. Guru masih kurang menggali kemampuan siswa dengan pertanyaanpertanyaan terbuka serta kurang memberikan kesempatan bertanya kepada siswa. Untuk kegiatan sharing kelompok hanya ada satu kelompok yang tampak sangat aktif, dan dua kelompok yang membutuhkan bimbingan lebih dari guru. Ketuntasan belajar pada siklus I ini juga belum mencapai target yang ditetapkan yakni dengan 51,85% yang seharusnya minimal mendapatkan 70,00%. Kekurangan-kekurangan pada siklus I ini dapat diperbaiki pada siklus II. Perbaikan yang dilakukan pada siklus II meliputi pembagian kelompok yang tepat, mengingatkan konsep berhitung dengan menggunakan blok Dienes, menggali kemampuan berfikir siswa, dan memberikan kesempatan bertanya kepada siswa. Dengan kegiatan perbaikan tersebut, hampir semua siswa dapat mengutak-atik blok Dienes dalam menyusun kalimat matematika dan menyelesaikannya. Kegiatan sharing kelompok dapat dilakukan oleh semua kelompok secara aktif. Ketuntasan belajar pada siklus II telah mencapai target yang ditetapkan dengan perolehan persentase ketuntasan belajar 70,37%. Secara umum ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan setelah diajarkan dengan pendekatan pemecahan masalah Polya dan berbantuan alat peraga manipulatif, akan tetapi persentase yang dicapai masih rendah. Setelah dilakukan pengamatan dari beberapa siswa yang tidak tuntas belajarnya, maka dapat diketahui ada beberapa siswa yang belum dapat membaca dengan baik dan belum terampil dalam melakukan perhitungan matematika. Sehingga setiap materi berupa soal pemecahan masalah akan lebih baik jika diajarkan dengan meningkatkan kemampuan dasar siswa terlebih dahulu seperti membaca, menulis dan berhitung terutama untuk kelas rendah. Kelemahan-kelemahan lain yang sering dilakukan siswa adalah kurang dapat menuliskan kalimat matematika dengan benar, sehingga pengerjaanya pun juga mengalami kesalahan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070 210 204 362;
dc.subjectPembelajaran Kooperatif dengan Bantuan Alat Peraga Manipulatifen_US
dc.titlePEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS II PADA SOAL PEMECAHAN MASALAH OPERASI HITUNG CAMPURAN SDN KARANG KEDAWUNG 01 KECAMATAN MUMBULSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record