Show simple item record

dc.contributor.authorYurike Febnesia Sari
dc.date.accessioned2014-01-21T07:00:55Z
dc.date.available2014-01-21T07:00:55Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM090910201054
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19925
dc.description.abstractBerdasarkan penelitian yang telah dilakukan, pelayanan kesehatan di puskesmas Kebondalem kurang efektif, hal ini mengacu pada undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik yang memiliki 9 (sembilan) komponen standar pelayanan dan juga pada asas-asas pelayanan publik berdasarkan keputusan MENPAN No. 63 tahun 2003. Faktor penyebab kurang efektivnya pelayanan yang diberikan oleh pihak puskesmas Kebondalem adalah kurang trasparannya tarif pelayanan, prosedur dan alur pelayanan kesehatan. Kurang kondisionalnya pelayanan medis bagi pasien yang akan dirujuk, kurang akuntabelnya waktu pemberian pelayanan dan waktu pada proses penanganan pengaduan yang kurang cepat,dan pendataan Jamkesmas yang kurang akurat, pelayanan medis bagi ibu hamil yang terdapat pada pustu Sukorejo yang kurang berkualitas karenamasih tradisionalnya pemeriksaan kehamilan yang digunakan serta kurangnya kesadaran pasien baik ibu hamil maupun orang tua bayi untuk memeriksakan kehamilan dan imunisasi pada bayi yang ditunjukkan dari data kunjungan selama tiga tahun terakhir antara tahun 2009-2011. Jumlah antara kunjungan ibu hamil, persalinan, dan jumlah bayi yang diimunisasi di puskesmas Kebondalem tidak berbanding lurus, hal itu yang menyebabkan asumsi bahwa tidak semua ibu hamil melakukan persalinan di puskesmas dan tidak semua bayi yang diimunisasi lahir di puskesmas Kebondalem. Faktor-faktor yang menyebabkan kurang efektifnya pelayanan kesehatan yang diberikan dapat diperbaiki dengan menambah media pengumuman tentang persyaratan untuk mendapatkan pelayanan dan keterangan yang rinci dibawah papan alur pelayanan atau menambah petugas seperti customer service. Untuk memperlancar proses pelayanan, petugas pelayanan datang lebih awal dari jam operasional yang ada. Menambah alat-alat medis yang lebih modern serta melakukan peningkatan usaha promotif dengan sosialisasi melalui tanya jawab langsung kepada masyarakat miskin terutama pada ibu hamil dan orang tua bayi mengenai pentingnya kesehatan ibu dan bayi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090910201054;
dc.subjectpelayanan kesehatan, ibu hamil dan bayi miskinen_US
dc.titleEFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGI IBU HAMIL DAN BAYI MISKIN DI PUSKESMAS KEBONDALEM KECAMATAN BANGOREJO KABUPATEN BANYUWANGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record