Show simple item record

dc.contributor.authorFernandi Yurisko, Rheka
dc.date.accessioned2014-01-21T06:34:41Z
dc.date.available2014-01-21T06:34:41Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM080210204061
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19874
dc.description.abstractBerbicara merupakan salah satu keterampilan utama yang diajarkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Berbicara merupakan aspek penting yang harus diajarkan pada siswa. Hal ini dikarenakan berbicara merupakan jembatan bagi manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya. Keterampilan berbicara penting untuk diajarkan pada siswa karena sebagai makhluk sosial, siswa akan berkomunikasi dengan orang lain. Rendahnya hasil belajar berbicara siswa kelas III SDN Sumbersari 01 Jember disebabkan oleh beberapa permasalahan yaitu: 1) cara mengajar guru yang terkesan teacher oriented, 2) penggunaan metode pembelajaran yang konvensional, 3) media pembelajaran yang kurang mendukung dan 4) pembelajaran yang dilaksanakan guru kurang menunjukkan pembelajaran yang berupaya mengasah keterampilan berbicara siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan pembelajaran dengan mengaplikasikan model PAIKEM dan menggunakan media kotak kartu misteri. Penggunaan model PAIKEM menjadikan pembelajaran lebih menarik namun tetap mengutamakan keaktifan siswa dalam partisipasi belajar. Penggunaan media kotak kartu misteri juga menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dengan adanya permainan dalam belajar. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan model PAIKEM dengan media kotak kartu misteri dalam pembelajaran berbicara pada siswa kelas III SDN Sumbersaru 01 Jember dan bagaimana peningkatan hasil belajar berbicara siswa kelas III SDN Sumbersari 01 Jember setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM dan media kotak kartu misteri. Berdasarkan rumusan masalah di atas, diperoleh tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran PAIKEM dengan menggunakan media kotak kartu misteri dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar berbicara siswa kelas III SDN Sumbersari 01 Jember setelah menggunakan model PAIKEM dan media kotak kartu misteri dalam pembelajaran berbicara. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III A SDN Sumbersari 01 Jember yang berjumlah 51 siswa dengan 27 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan mulai 16 April 2012 sampai dengan 30 April 2012. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan PAIKEM dengan media kotak kartu misteri dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Namun, sebelum guru memberikan contoh bagaimana cara bercerita, sebagian besar siswa masih terlihat bingung bagaimana cara bercerita yang baik dan benar. Setelah guru memberikan contoh cara bercerita yang baik, maka siswa dapat bercerita sesuai dengan cerita yang mereka sampaikan. Selain itu, hasil dari penelitian ini yaitu adanya peningkatan hasil belajar siswa selama prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Peningkatan hasil belajar berbicara siswa terbukti dari persentase hasil belajar siswa siklus 1 sebesar 69,31% yang tergolong cukup baik meningkat sebesar 4,42% menjadi 73,73% setelah dilakukan pembelajaran siklus 2. Ketuntasan belajar secara klasikal juga meningkat yaitu dari 74,5% siswa tuntas di siklus 1 meningkat menjadi 84% dalam pembelajaran siklus 2. Saran yang muncul dalam penelitian ini yaitu hendaknya guru selektif memilih model atau metode belajar agar pembelajaran yang dilakukan mampu menjadi pembelajaran yang efektif. Selain itu, hendaknya guru menerapkan model pembelajaran PAIKEM dan media kotak kartu misteri dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbahasa lainnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204061;
dc.subjectHasil Belajar Berbicara, Model PAIKEM, Media Kotak Kartu Misterien_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR BERBICARA MELALUI PAIKEM DENGAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI PADA SISWA KELAS III SDN SUMBERSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record