Show simple item record

dc.contributor.authorImas Dian Puspitasari
dc.date.accessioned2014-01-21T05:58:11Z
dc.date.available2014-01-21T05:58:11Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM070210204219
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19797
dc.description.abstractKetidakberanian siswa untuk bertanya kepada guru tentang materi yang kurang dimengerti karena guru tidak memberi kesempatan untuk bertanya, siswa lebih senang bicara sendiri dengan teman sebangku daripada mendengar ceramah dari guru, siswa merasa mengantuk saat pemberian materi berlangsung. Menurut hasil wawancara dengan siswa kelas IV, siswa mendapatkan pembelajaran IPS dari ceramah guru di kelas dan tidak pernah melakukan praktik secara langsung, sehingga siswa merasa bosan dalam menerima materi pelajaran karena metode ceramah dianggap monoton dan tidak menarik. Kondisi ini mengakibatkan aktivitas belajar siswa rendah. Jika siswa diberi soal-soal latihan mereka tidak bisa menjawab, yang bisa mereka jawab hanya soal-soal yang sama persis dengan yang dicontohkan oleh guru. Guru dan peneliti menduga model pembelajaran yang digunakan selama ini belum efektif. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa khususnya siswa kelas IV pada pokok bahasan sumber daya alam dan kegiatan ekonomi. Oleh karena itu guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang dikemukakan (1)Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Kencong 01 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 pada pokok bahasan Sumber daya alam setelah menerapkan pembelajaran kooperatif model examples non examples dengan bantuan media gambar ?, (2)Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Kencong 01 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 pada pokok bahasan Sumber daya alam setelah menerapkan pembelajaran kooperatif model examples non examples dengan bantuan media gambar ? Penerapan model examples non examples dengan bantuan media gambar diharapkan siswa lebih kritis dalam menganalisa gambar tentang sumber daya alam dan kegiatan ekonomi, siswa mengetahui aplikasi dari materi berupa contoh gambar, dan siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. Tujuan dari penelit ian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS melalui penerapan model examples non examples dengan bantuan media gambar di kelas IV SDN Kencong 01 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 (2) Untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kencong 01 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui penerapan model examples non examples dengan bantuan media gambar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Kencong 01 Jember yang terdiri dari 35 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 2 Oktober 2010 sampai dengan 13 Oktober 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Kencong 01 Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa dan tes individu. Pada siklus I aktivitas siswa secara klasikal mencapai 46% dan tes individu mencapai 51,43% serta presentase ketuntasan klasikal sebesar 67,64%. Pada siklus II, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 67,43%, tes individu mencapai 94,29% serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 78,79% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Kencong 01 Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan sumber daya alam. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 21,43% sedangkan hasil belajar secara klasikal dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 42,86%. Penerapan model examples non examples dengan bantuan media gambar dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan, dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan cara pembentukan kerjasama yang baik sehingga dapat saling membantu kesulitan yang dihadapi satu sama lain, serta dapat meningkatkan keakraban siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204219;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar IPSen_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Sumber Daya Alam Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Examples Non Examples dengan Bantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV di SDN Kencong 01 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 210/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record