Show simple item record

dc.contributor.authorNur Aini Mufaidah
dc.date.accessioned2014-01-21T04:52:39Z
dc.date.available2014-01-21T04:52:39Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM070210193168
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19612
dc.description.abstractPermasalahan ya ng ditemukan di kelas VII SMP I slam Al-Ma’arif Rejoagung Srono Banyuwangi, dalam proses pembelajaranny a guru belum melibatkan aktivitas siswa, siswa cenderung diam, minat atau perhatian siswa kurang terhadap materi yang diberikan. Selain itu rasa percaya diri siswa kurang tertanam dengan baik. Ceramah merupakan metode konv ensional ya ng masih tetap digunakan sebagai strategi belajar mengajar. Metode ceramah, siswa hanya mencatat dan mendengarkan. Kebosanan dan rasa jenuh akan mudah dialami siswa, keban ya kan siswa tidak dapat mencapai hasil belajar ya ng optimal. Menurut penelitian Wasty (2003) pengenalan seseorang terhadap hasil atau kemajuan belajarnya adalah penting, karena dengan mengetahui hasil-hasil yang sudah dicapai maka siswa akan lebih berusaha meningkatkan hasil belajarnya. Sehingga dengan demikian peningkatan hasil belajar dapat lebih optimal karena siswa tersebut me rasa termotivasi unt uk m eningkatkan hasil belajar yang telah diraih sebelumnya. Apabila motivasi belajar timbul setiap kali belajar, besar kemungkinan hasil belajarnya meningkat (Nashar, 2004:5). Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran biologi di SMP I slam AlMa’arif Rejoagung Srono Banyuwangi diperoleh informasi bahwa siswa kurang begitu aktif dalam belajar meskipun siswa dibentuk kelompok untuk berdiskusi suasana kelas tidak berjalan dengan baik terutama kelas VII. Alasan pemilihan kelas VII sebagai objek penelitian karena hasil bel ajar siswa di kelas tersebut san gat rendah sehingga hal ini berpengaruh terhadap academic skill ya ng rendah juga dan kegiatan pembelajaran ya ng berpusat pada siswa tidak terlaksana. Data hasil belajar siswa vii kelas VII dari nilai ulangan tengah semester gasal Tahun Pelajaran 2010/2011 masih berada di bawah SKM yaitu ≤ 70 dengan nilai rata-rata yaitu 60. Di kelas VII ini dengan jumlah siswa 23 siswa, jadi siswa yang tuntas belajarnya mencapai 41.86%. Selain hasil belajar yang rendah, academic skill siswa kelas VII A juga rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, satu siklus terdiri dari dua tatap muka/dua pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan academic skill dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dari data lembar observasi membuktikan bahwa pembelajaran yang diterapkan dikelas VII A rata-rata academic skill siswa yaitu dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 20,2%. Dari Peningkatan ini menandakan bahwa kondisi kelas pada saat siklus berlangsung, siswa benar-benar membuat aktif dalam proses pembelajaran. Pada siklus I, dari analisis ketuntasan belajar, ada siswa dari jumlah siswa kelas VII keseluruhan belum mencapai ketuntasan belajar dengan standard ketuntasan minimal (SKM) 70, sehingga persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 52,2% yang berarti belum mencapai ketuntasan belajar klasikal ≤ 70. Pada siklus II ada 4 siswa dari jumlah siswa kelas VII keseluruhan yang belum mencapai ketuntasan belajar , sehingga persentase ketuntasan belajar klasikal seberas 17,4% . Siswa yang tidak tuntas pada siklus I kebanyakan mampu memperbaikainya sehingga pada siklus II dapat mencapai ketuntasan pada siklus I maupun siklus II, yaitu 77,3% sehingga dapat dikatakan memenuhi ketuntasan klasikal ≥ 70. Dari hasil yang dilakukan terhadap guru dan siswa, dapat diketahui bahwa pembelajaran model ARIAS yang telah diterapkan de kelas VII, memperoleh respon positif dari guru dan siswa. Meskipun pada siklus I belum mencapai ketuntasan, namun pada siklus II telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dengan persentase kenaikan . Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran model ARIAS dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dan teknik evaluasi yang dapat diterapkan di kelas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210193168;
dc.subjectPeningkatan Academic Skill Dan Hasil Belajar Biologien_US
dc.titlePeningkatan Academic Skill Dan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran ARIAS ( ASSURANCE RELEVANCE INTEREST ASSESMENT AND SATISFACTION ) Siswa Kelas VII SMP Islam Al-Ma’arif Rejoagung Srono Banyuwangi Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012.en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record