dc.description.abstract | Berdasarkan hasil pengamatan dan penjelasan kurang lebih satu bulan
melaksanakan Praktek Kerja Nyata (PKN) mengenai Prosedur Akuntansi
Anggaran Pengadaan Alat Tulis Kantor pada Kantor Pemuda dan Olahraga
Kabupaten Jember, maka hasil PKN tersebut dapat diambil kesimpulan sebagai
berikut :
1. Proses pengadaan alat tulis kantor pada Kantor Pemuda dan Olahraga telah
menggunakan Sistem Aplikasi Pelaksanaan Anggaran. Adapun bagian dan
dokumen yang digunakan antara lain sebagai berikut :
a. Bagian yang terkait dalam pengadaan alat tulis kantor adalah bagian
pembuat daftar surat pesanan, Bendahara Umum Daerah, bendahara
pengeluaran kantor, PA/PPK-SKPD dan rekanan (CV).
b. Dokumen yang digunakan dalam pengadaan alat tulis kantor adalah
formulir perincian surat pesanan, formulir Penyediaan Sarana Kegiatan,
Formulir Permohonan Pembayaran, Surat Permintaan Pembayaran
Langsung/Ganti Uang (SPP-LS/GU), Surat Perintah Membayar (SPM),
Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D).
Terdapat dua prosedur dalam pengadaan alat tulis kantor, yaitu Prosedur
Pembayaran Langsung dan Prosedur Pembayaran Ganti Uang. Adapun
penjelasan dan pengertiannya adalah sebagai berikut :
a. Prosedur Pembayaran Langsung adalah prosedur pengadaan alat tulis
kantor dimana pengeluaran belanja alat tulis kantor yang
membutuhkan/menghabiskan dana lebih dari lima juta rupiah
(Rp.5000.000,-). Jadi pembayaran langsung dengan mencairkan dana
langsung kepada pemerintah yang diwakilki oleh Bendahara Umum
Daerah (BUD) dan pengambilan uang melalui bank yang ditunjuk oleh
pemerintah daerah.
b. Prosedur Ganti Uang adalah prosedur pengadaan alat tulis kantor dengan
mengambil/meminjam dana dari kas kantor terlebih dulu untuk
membayar/pengeluaran belanja yang kemudian dana diganti oleh
pemerintah daerah melalui bendahara umum daerah (BUD). Hal ini terjadi
karena pengeluaran belanja kurang dari lima juta rupiah (Rp.5000.000,-).
Jadi, apabila pengeluaran belanja yang lebih kecil akan mengambil dana
dari kas kantor terlebih dulu. Pencairan uang juga melalui bank yang telah
ditunjuk oleh pemerintah daerah.
2. Kegiatan Yang Dilakukan Selama Praktek Kerja Nyata Adalah :
1. Membuat Perincian Daftar Surat Pesanan
2. Membuat Surat Permintaan Pembayaran (SPP-LS/GU)
3. Merekapitulasi Buku Kas Umum | en_US |