• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pe mbelajaran Tematik Te rhadap Pengembangan Daya Pikir Anak di Kelompok B2 Taman Kanak-Kanak (TK) Dharma Indria II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (172)_1.pdf (1.299Mb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Nuning Aprilia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ada banyak model pembelajaran yang dapat diterapkan di TK. Namun, yang terpenting dalam mengembangkan model pembelajaran bagi TK harus memerhatikan kebutuhan perkembangan berfikir tersebut. Tetapi berdasarkan sifat dan karakter anak usia dini, maka pembelajaran di TK bersifat tematik yang dilakukan secara integratif yang mana tidak dapat dilakukan dengan metode tunggal. Kondisi semacam ini sudah diterapkan di TK Dharma Indria II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember model pembelajaran yang digunakan adalah tematik yang mana dilakukan secara integratif, artinya bahwa pembelajaran di Taman Kanak-Kanak (TK) tidak bisa dilakukan dengan metode tunggal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pengaruh pembelajaran tematik terhadap pengembanagn daya pikir anak di kelompok B2 Taman Kanak-Kanak (TK) Dharma Indria II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran tematik terhadap pengembangan daya pikir anak di kelompok B2 Taman Kanak-Kanak (TK) Dharma Indria II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Manfaat penelitian ini (a) bagi peneliti : menambah wawasan ilmu pengetahuan; (b) bagi orang tua : sebagai bukti bahwa telah menyelesaikan tugas akhir perkuliahan; (c) bagi TK Dharma Indria II : sebagai tambahan acuan dalam mengamati perkembangan anak; (d) bagi Program Pendidikan Luar Sekolah : secara keilmuan dapat dijadikan masukan dalam upaya untuk mengembangkan kontribusi PLS di masyarakat; (e) bagi perguruan tinggi : sebagai dedikasi atas pengabdian selama menjalani studi perkuliahan sebagai wujud Tri Darma Perguruan Tinggi terutama dibidang penelitian serta menjalin hubungan baik antara Perguruan Tinggi dengan masyarakat. Penelitian ini dilakukan di kelompok B2 TK Dharma Indria II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember dengan jumlah anak didik 18 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mana tidak berkenaan dengan angka- angka akan tetapi hanya mendeskripsikan kejadian yang diamati. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikatif. Pada saat dilakukan observasi pada pertemuan pertama diketahui persentasi daya pikir anak yang meliputi perkembangan kognitif 91,2%, kreativitas melalui hasta karya 83,3% dan kreativitas melalui bahasa 81,74%. Sedangkan pada pertemuan kedua diperoleh persentasi daya pikir anak yang meliputi perkembangan kognitif 96, 03%, kreativitas melalui hasta karya Ψ dan kreativitas melalui bahasa 83,3%. Berdasarkan data tersebut, maka anak didik di kelompok B2 TK Dharma Indria II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember dikatakan terdapat pengaruh pembelajaran tematik terhadap pengambangan daya pikir anak. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat pengaruh pembelajaran tematik terhadap pengembangan daya pikir anak di kelompok B2 TK Dharma Indria II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Hal ini dapat diketahui dari aktivitas anak didik melalui pencapaian indikator perkembangan kognitif dan kreativitas anak melalui hasta karya dan bahasa yang telah ditentukan oleh masing- masing anak didik yang lebih baik. Saran yang diberikan adalah Bagi guru TK dharma Indria II Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember pembelajaran akan lebih maksimal jika pendidik atau guru di kelmpok B2 terdiri dari 2 orang, karena dengan begitu guru dapat maksimal dalam mendampingi anak. Karena anak usia dini membutuhkan perhatian yang lebih dalam membantu mengembangkan daya pikir mereka.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19489
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository