Show simple item record

dc.contributor.authorOctavianti, Rian
dc.date.accessioned2014-01-21T03:56:52Z
dc.date.available2014-01-21T03:56:52Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM070210102043
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19476
dc.description.abstractHakekat pembelajaran fisika adalah adanya proses dan produk. Proses merupakan tahapan untuk menemukan atau membuktikan suatu teori atau fakta yang sudah ada sebelumnya. Dalam hal ini, fakta atau teori yang sudah ada sebelumnya disebut produk. Salah satu usaha yang dapat dilakukan guru untuk memperbaiki, memperbaharui, dan membantu siswa dalam memahami konsep- konsep fisika adalah melalui penerapan model pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, maka solusinya adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk memperoleh suatu konsep dengan melakukan percobaan, berdiskusi dan menyampaikan pendapat adalah model cooperative Learning tipe co-op co-op disertai metode eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengkaji kemampuan berfikir kreatif siswa pada pembelajaran fisika dengan menggunakan model cooperative learning tipe co-op co-op disertai metode eksperimen dalam pembelajaran fisika di SMP, (2) untuk mengkaji ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model cooperative learning tipe co-op co-op disertai metode eksperimen dan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Sukorambi. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas menggunakan SPSS 16. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan one group post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan uji persentase kemampuan berfikir kreatif untuk mengetahui seberapa besar kemampuan berfikir kreatif siswa yang diajar menggunakan model cooperative learning tipe co-op co-op disertai metode eksperimen. Kemudian analisis data menggunakan SPSS 16 untuk mengkaji taraf signifikansi perbedaan hasil belajar. Data hasil observasi memperlihatkan bahwa prosentase aktivitas kemampuan berfikir kreatif siswa yang di ukur menggunakan observasi aktivitas siswa dalam berfikir kreatif secara klasikal yaitu mencapai 49.85% yang termasuk dalam kriteria kurang kreatif. Sedangkan yang di ukur dengan tes kemampuan berfikir kreatif mencapai 75.30% yang termasuk dalam kriteria cukup kreatif. Jadi skor rata-rata siswa dalam berfikir kreatif adalah mencapai 55.0% yang termasuk dalam kriteria kurang kreatif. Data hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah sebesar 79.76. Sedangkan data hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen yang dilihat dari nilai pos-tes menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Pada kelas kontrol nilai rata-ratanya adalah sebesar 59 sedangkan pada kelas eksperimen adalah sebesar 68.62. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan berfikir kreatif siswa kelas eksperimen secara keseluruhan masih mencapai skor 55.0% dan jika dilihat dalam tabel kriteria berfikir kreatif masih tergolong kurang kreatif. Akan tetapi pada salah satu aspek kemampuan berfikir kreatif yaitu keterampilan merinci lebih baik dari pada aspek yang lainnya yaitu mencapai skor 64.52% dan jika dilihat pada tabel kriteria berfikir kreatif tergolong cukup kreatif. (2) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model cooperative lerning tipe co-op co-op disertai metode eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP. Hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah dilakukan uji T-tes terdapat perbedaan yang signifikan yaitu pada kelas kontrol mencapai nilai rata- rata 59 sedangkan pada kelas eksperimen mencapai nilai 68,62.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210102043;
dc.subjectMODEL COOPERATIVE LEARNING, TIPE CO-OP CO-OP, METODE EKSPERIMENen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE CO-OP CO-OP DISERTAI METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record