Show simple item record

dc.contributor.authorHendra Tri Yulianto
dc.date.accessioned2014-01-21T02:55:45Z
dc.date.available2014-01-21T02:55:45Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM080210204171
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19374
dc.description.abstractBerdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan disimpulkan sebagai berikut: 1. Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw pada pokok bahasan pengukuran sudut di kelas V SD Negeri Plalangan 03 berjalan dengan baik karena sesuai dengan tujuan yang diharapkan, hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Selain itu siswa merasa senang dengan pembelajaran yang diterapkan 2. Pembelajaran matematika pokok bahasan pengukuran sudut dengan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw diperoleh prosentase ketuntasan belajar (kognitif) secara klasikal sebesar 75,28 %.Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw pada siswa kelas V SD Negeri Plalangan 03, maka saran yang diberikan adalah: 1. Dengan melihat adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, diharapkan guru dapat menggunakan metode pembelajaran koopeartif teknik jigsaw sebagai alternatif metode pembelajaran matematika. 2. Bedasarkan hasil temuan penelitian pada akhir penelitian masih ditemukan beberapa kesalahan, maka bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar hendaknya diberikan bimbingan secara individual agar: 1) lebih memahami konsep; 2) meneliti kembali jawaban yang telah dikerjakan ; 3) selalu menyiapkan diri terlebih dahulu dalam belajar dan tidak melupakan materi yang sudah diberikan dengan jalan sering mengulang materi dan mengerjakan soal-soal latihan. 3) Untuk menerapkan pembelajaran ini pada suatu pokok bahasan, hendaknya mempertimbangkan apakah pembelajaran tersebut cocok untuk pokok bahasan yang bersangkutan dan hendaknya membuat persiapan yang matang agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar. 4. Penelitian ini hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan bagi peneliti lain untuk penelitian lebih lanjut dengan pokok bahasan yang berbeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204171;
dc.subjectPENINGKATAN HASIL BELAJARen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENGUKURAN SUDUT MELALUI METODE KOOPERATIF DENGAN TEKNIK JIGSAW SISWA KELAS V SD NEGERI PLALANGAN 03en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record