dc.description.abstract | Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan
disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw pada pokok bahasan
pengukuran sudut di kelas V SD Negeri Plalangan 03 berjalan dengan baik karena
sesuai dengan tujuan yang diharapkan, hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya
hasil belajar siswa. Selain itu siswa merasa senang dengan pembelajaran yang
diterapkan
2. Pembelajaran matematika pokok bahasan pengukuran sudut dengan metode
pembelajaran kooperatif teknik jigsaw diperoleh prosentase ketuntasan belajar
(kognitif) secara klasikal sebesar 75,28 %.Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan metode pembelajaran
kooperatif teknik jigsaw pada siswa kelas V SD Negeri Plalangan 03, maka saran
yang diberikan adalah:
1. Dengan melihat adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, diharapkan
guru dapat menggunakan metode pembelajaran koopeartif teknik jigsaw sebagai
alternatif metode pembelajaran matematika.
2. Bedasarkan hasil temuan penelitian pada akhir penelitian masih ditemukan
beberapa kesalahan, maka bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar
hendaknya diberikan bimbingan secara individual agar: 1) lebih memahami
konsep; 2) meneliti kembali jawaban yang telah dikerjakan ; 3) selalu menyiapkan
diri terlebih dahulu dalam belajar dan tidak melupakan materi yang sudah
diberikan dengan jalan sering mengulang materi dan mengerjakan soal-soal
latihan. 3) Untuk menerapkan pembelajaran ini pada suatu pokok bahasan, hendaknya
mempertimbangkan apakah pembelajaran tersebut cocok untuk pokok bahasan
yang bersangkutan dan hendaknya membuat persiapan yang matang agar proses
pembelajaran berjalan dengan lancar.
4. Penelitian ini hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan bagi peneliti lain untuk
penelitian lebih lanjut dengan pokok bahasan yang berbeda. | en_US |