Show simple item record

dc.contributor.authorDimas Prasetia Siwi
dc.date.accessioned2014-01-21T01:20:17Z
dc.date.available2014-01-21T01:20:17Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM080210204241
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19127
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kertosari 01 Jember disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional, penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, dan praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa. Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki lingkungan sekitar. Sehingga rumusan masalah yang timbul yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kertosari 01 Jember setelah penerapan metode pembelajaran Learning Together dengan media card sort. Tujuan penelitian ini meliputi dua hal yaitu meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPS pokok bahasan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi melalui metode pembelajaran Learning Together dengan media Card Sort pada siswa kelas IV SDN Kertosari 1 Pakusari Jember Tahun Ajaran 2010/ 2011. Penelitian ini dilakukan melalui metode pembelajaran Learning Together dengan media card sort untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Kertosari 01 Tahun Ajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kertosari 01 Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember, dimulai pada tanggal 23 April 2011 sampai tanggal 4 Juni 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 36 anak, terdiri dari 12 lakilaki dan 24 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas Hasil analisis aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN Kertosari 01 Jember selama proses pembelajaran melalui metode pembelajaran Learning Together dengan media card sort yaitu sebesar 21,76%. Persentase keaktifan siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II adalah sebesar 63,19 % dan 84,95 % yang termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kertosari Jember selama proses pembelajaran melaui metode pembelajaran Learning Together dengan media card sort sangat signifikan jika dibandingkan dengan hasil belajar sebelum tindakan Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Learning together dengan card sort dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kertosari 01 Jember tahun pelajaran 2010/2011. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian, bila penerapan metode pembelajaran Learning together dengan media card sort diterapkan dalam pembelajaran IPS, maka guru hendaknya lebih memperhatikan pengelolaan kelas dan menguasai materi-materi yang diberikan agar kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik. Bagi guru, hendaknya lebih aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran, agar siswa tidak merasa bosan, tidak kesulitan dalam memahami materi dan aktif selama pembelajaran. Untuk peneliti lainnya perlu pelaksanaan penelitian lebih lanjut tentang metode pembelajaran Learning together dengan media card sort serta mengkombinasikan dengan metode mengajar lain agar tujuan pembelajaran dapat tercapai lebih optimal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204241;
dc.subjectProduksi, Komunikasi, dan Transportasi Melalui Metode Learning Together Dengan Media Card Sorten_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi Melalui Metode Learning Together Dengan Media Card Sort Pada Siswa Kelas IV SDN Kertosari 1 Pakusari Jember Tahun Ajaran 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record