Show simple item record

dc.contributor.authorFitroh Setyo Putro Pribowo
dc.date.accessioned2014-01-21T01:00:42Z
dc.date.available2014-01-21T01:00:42Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM080210204197
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19063
dc.description.abstractMelalui pembelajaran IPS diharapkan siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan yang relevan dengan kepentingan serta tingkat usianya, karena anak kelompok usia 7-11 tahun berada dalam perkembangan kemampuan intelektual tingkat operasional konkrit. Pengamatan yang dilakukan peneliti pada tanggal 20 juli 2011 terhadap masalah belajar siswa di SD Negeri Tempurejo 01 adalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas V dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang tergolong dalam kategori rendah yaitu 55,2 %, perolehan hasil belajar siswa juga rendah jika dibandingkan dengan KKM yang ditetapkan oleh Sekolah. Rendahnya motivasi dan hasil belajar tersebut tidak terlepas dari penggunaan metode pembelajaran yang dipakai guru tidak menyesuaikan dengan perkembangan siswa dan karakteristik pelajaran. Model Selecting, Organizing, integrating (SOI) relevan untuk dikembangkan dalam pendidikan IPS di SD, melalui pendekatan SOI diharapkan para siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan yang sesuai dengan kepentingan serta tingkat usianya sekaligus dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa. Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model belajar SOI pada siswa Kelas V Semester I SDN Tempurejo 01 Kabupaten Jember Tahun pelajaran 2011/2012 pada Mata Pelajaran IPS Pokok bahasan Peninggalan sejarah Kerajaan Hindu, Buddha dan Islam di Indonesia ? (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model belajar SOI pada siswa Kelas V Semester I SDN Tempurejo 01 Kabupaten Jember Tahun pelajaran 2011/2012 pada Mata Pelajaran IPS Pokok bahasan Peninggalan sejarah Kerajaan Hindu, Buddha dan Islam di Indonesia ? Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru, peneliti lain dan personal sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model belajar SOI pada siswa kelas V Semester I SDN Tempurejo 01 Semester I Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011/2012 pada mata pelajaran IPS pokok bahasan peninggalan sejarah Kerajaan Hindu, Buddha dan Islam di Indonesia. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Tempurejo 01 kelas V Semester I Tahun Pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 40 siswa, 19 siswa perempuan, 21 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif . Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 21 Nopember sampai 05 Desember 2011. Data yang dikumpulkan berupa motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil pengamatan peneliti diperoleh persentase motivasi siswa pada kegiatan prasiklus adalah 55,2%, siklus I adalah 66,7% dan Siklus II sebesar 74 %. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa pada tes prasiklus adalah 61,3%, siklus I sebesar 71,2% dan Siklus II sebesar 76,6%. Analisa hasil belajar pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa kelas V telah mengalami peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS. Kesimpulan dari penelitian adalah model pembelajaran(SOI) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS kelas V pokok bahasan Peninggalan sejarah Hindu, Buddha, Islam di Indonesia. Dengan melihat adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa, diharapkan personal sekolah khususnya guru dapat menggunakan pembelajaran Selecting, organizing, integrating (SOI) sebagai alternatif apabila menemukan permasalahan pembelajaran yang sama di dalam kelas serta dapat digunakan peneliti lain sebagai masukan untuk melakukan penelitian sejenis yang lebih lanjut tentang pembelajaran IPS menggunakan model belajar SOI.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204197;
dc.subjectMOTIVASI, PEMBELAJARAN, SELECTINGen_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SELECTING, ORGANIZING, INTEGRATING (SOI) MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PENINGGALAN SEJARAH HINDU, BUDDHA, DAN ISLAM DI INDONESIA KELAS V SDN TEMPUREJO 01 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record