IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DAN VOLUME KREDIT PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) NUSAMBA GENTENG, BANYUWANGI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimanaImplementasi Bauran Pemasaran
Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah dan Volume Kredit pada PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Nusamba Genteng.Penelitian yang dilakukan penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian
ini menggunakan metode wawancara secarain depth interviewdalam penggambilan
data. Analsis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis domain dan
taksonomi. Penggunaan domain dan taksonomi dalam penelitian ini bertujuan untuk
memperjelas dan membatasi permasalahan yang dibahas dalam penelitian. Dalam implementasi bauran pemasaran dalam penelitian ini PT. BPR
Nusamba Genteng mengimplementasikan bauran pemasaran jasa yaitu menggunakan
7P 1C yang terdiri dari product, pricing, promotion, place, people, physical evidence, process, customer service. Penerapan bauran pemasaran jasa pada produk kredit PT.
BPR Nusamba Genteng berhasil dengan dibuktikannya peningkatan jumlah nasabah
dan jumlah dana yang dikeluarkan setiap tahunnya.