Show simple item record

dc.contributor.authorK EN D I D M A H M U D I
dc.date.accessioned2014-01-21T00:19:17Z
dc.date.available2014-01-21T00:19:17Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM080210192005
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18903
dc.description.abstractF isi ka mer up a ka n suatu il mu y a n g m e mpela j a ri g e jal a da n pe risti wa a tau fe nomena a lam. Ole h k a r e na it u, be laja r fisika ha r us inovatif, a pli ka ti f, da n pe nuh va ria si, se hin gg a untuk mempe laja ri fisika pe rlu a da n y a teknik a tau c a r a ter tentu a ga r muda h dipaha mi da n dim e ng e rti . B a ha n pe laja ra n fisika untuk be rba g a i ka lan g a n tentun y a ti da k lepa s da ri teor i. Untuk meng e tahui teor i ter se b ut, c a ra be laja r sis w a ha rus dia wa li de n g a n memba c a . S a lah sa tu m a ter i p a d a mata pe laja ra n fisika y a n g m e mbut uhka n ba n y a k mat e ri a da lah p a da pokok ba ha sa n ka lor . B e rda s a rka n fa kta y a n g a da tela h diket a hu i ba hwa dikala n ga n sis w a tela h be rke mban g ke sa n ba h w a pe laj a ra n fisika m e rup a ka n s a lah s a tu pe laj a ra n y a n g ti da k digema ri sis w a ka r e na mot ivasi untuk b e laj a r fisika, se hin gg a a d a a ngg a p a n ba hwa fisika it u suli t da n membosa nka n. Gur u men y a ji k a n mate ri fisika da lam be ntuk y a n g da p a t men y e b a bka n sis wa menja di pa sif,. S e ha rusn y a mate ri y a n g disampa ikan oleh g ur u d a pa t membua t sis wa menja di a kti f. Ole h ka re na it u, pa da pe mbela jar a n fisika ini dibut uhka n suatu stra te gi pe nge mban g a n p rof e io na li sme da ri se or a n g g ur u. y a n g da pa t menja dikan sis wa a kti f da lam pe mbe laja ra n. P e ng e mb a n g a n g ur u y a ng dil a kuka n ini mer upa ka n L e sson Study . B e rka it a n de nga n fisika se lalu be rk a it a n de nga n ge jala g e jal a a lam y a n g a da di li ngkung a n se kit a r. Model p e mbela jar a n y a n g men gg una k a n masa lah pa da dunia n y a t a mer upa ka n suatu solus i da lam pe mb e laja r a n fi sika y a it u model P B L ( Problem Base d L e arni ng ). Tujua n da ri pe ne li ti a n ini a da la h: (1) Untuk men g ka ji p e nga ruh ha sil be laja r sis wa s e be l um da n se tela h pe mb e la jar a n y a n g m e ne r a pka n L e sson Study men gg una ka n model P B L ( probl e m base d learning) , ( 2) Untuk meng k a ji pe nga ruh a kti vit a s be laja r sis wa se lam a meng ikut i pe mbela j a ra n y a n g mene ra pk a n L e sson Study men gg una ka n mo de l P B L ( probl e m bas e d learning ) da lam pe mbela ja ra n F isi ka di S MP . J e nis pe ne li ti a n ini a da lah Quasy e ksp e rimen vii http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ da n populasi dit e ntukan de nga n tekhnik purposi v e sampli ng area. P e ne li t ian ini dil a ksana ka n di S MP Ne g e ri 6 J e mber . P e ne ntuan sa mpel pe n e li ti a n de n g a n purposi v e sampli ng area . R a nc a n g a n pe n e li ti a n mengg un a ka n ti me se rie s de sign . Metode pe n g umpul a n d a ta da l a m pe n e li ti a n ini a da lah dokumenta si, o bser va si, tes, da n wa w a nc a ra . An a li sis da ta mengg un a ka n uji t untuk menja wa b r umus a n masa lah y a n g pe rta ma da n mengg un a ka n pe rse ntase a kti vit a s untuk m e njaw a b rumusa n masa lah y a n g k e dua . Ana li sis da ta men gg una k a n uji t di pe role h nil a i t hit ung pa da masin g m a sing pe rte muan, pe rte muan pe rta ma t hit ung se b e sa r 4,00 3 , pa da pe rt e muan ke du a s e be sa r 4,96 4 , p a da p e rte muan ke ti ga se be s a r 5,0 87 , da n pa da pe rte muan k e e mpat se be sa r 5,849 de n ga n d b= 33 pa da tar a f si g nifika nsi 5% nil a i t h i t u n g > t t a b e l , maka hipot e sis nihi l ( 𝐻 http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ http://digilib.unej.ac.id/ vii i 0 ) dit olak da n hipot e sis a lt e rn a ti f ( 𝐻 ) dit e rima . Ha sil a n a li sis a kti vit a s be laja r sis wa se b e sa r 90,60% , ha l ini menunjukka n ba hw a a kt ivi tas be laja r sis wa d a p a t dikata ka n a kti f. B e rd a sa rka n a na li sis da ta y a n g diper oleh, maka ke sim pulan da ri pe ne li ti a n ini a da lah: (1) P e ne ra pa n L e sson Stud y men gg una k a n P B L ( Problem Base d L e arni n g ) pa d a pe mbela jar a n F isi ka be r pe nga ruh ter h a da p h a sil be laja r sis wa , (2 ) P e n e ra pa n L e sson Study men gg una ka n P B L ( Problem Bas e d L e arni ng ) pa da p e mbe laja ra n F isi ka be rp e n g a ruh te rha da p a kti vit a s bela jar sis w a .en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries0 8 0 2 1 0 1 9 2 0 0 5;
dc.subjectP EM BEL A J A R A N F I S I K Aen_US
dc.titleP EN ER A P A N L E S S O N S T U D Y M EN G G U N A K A N M O D EL P BL ( P RO B L E M BA S ED L EA RN I N G ) D A L A M P EM BEL A J A R A N F I S I K A DI S M Pen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record