dc.description.abstract | Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Jenis-Jenis
Gerak Benda Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada
Siswa Kelas III.B SDN Kepatihan 03 Jember; Kasriwanto. 070210204064; 2011, 134
halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar; Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Fakta yang terjadi dilapangan menunjukan bahwa pembelajaran ilmu
pengetahuan alam
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model
pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dalam pembelajaran IPA pokok
bahasan jenis-jenis gerak benda yang dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa
kelas III.B SDN Kepatihan 03 Jember dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan jenis-jenis gerak benda dengan
menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw pada siswa kelas III.B SDN
Kepatihan 03 Jember. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar
IPA topik jenis-jenis gerak benda dengan menggunakan model cooperative learning
tipe jigsaw pada siswa kelas III.B SDN Kepatihan 03 Jember dan meningkatkan hasil
belajar IPA pokok bahasan jenis-jenis gerak benda dengan menggunakan model
cooperative learning tipe jigsaw pada siswa kelas III.B SDN Kepatihan 03 Jember.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas secara
kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SDN
vii
Kepatihan 03 Jember dengan jumlah siswa sebanyak 30 0rang. Pada penelitian ini
siswa dibagi menjadi 5 kelompok dengan anggota kelompok berjumlah 6 orang pada
masing-masing kelompok yang dipilih secara heterogen berdasarkan jenis kelamin
dan kemampuan akademis yang berbeda. Penelitian ini menggunakan deskriftif
kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus
dengan 1 pertemuan pada masing-masing siklus. Metode pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik data yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriftif kualitatif dengan menganalisis data
berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif
dengan menganalisis tes individu.
Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 20 juli 2010 sampai 30 juli 2010
dengan subyek penelitian siswa kelas III.B SDN Kepatihan 03 Jember. Data
dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru dan tes individu. Pada
siklus I aktivitas siswa secara klasikal mencapai 60% dan tes individu mencapai
63,33%. Pada siklus II aktivitas siswa secara klasikal mencapai 86,66 dan tes invidu
mencapai 90%.
Analisis data hasil penelitian siklus I pada hasil tes mencapai 63,33% dan
pada siklus II mencapai 90%. Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus I dan
siklus II menunjukan bahwa siswa III.B telah mencapai ketuntasan belajar secara
klasikal karena telah melebihi ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu ≥ 65% yang
mendapatkan nilai ≥65. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami
penigkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan jenis-jenis gerak benda.
Penerapan model cooperative learning tipe jigsaw ini dapat menciptakan suasana
yang menyenangkan dan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga
hasil belajar juga meningkat.
Saran yang ingin disampaikan adalah dalam melaksanakan kegiatan
pembelajaran hendaknya menerapkan model cooperative learning tipe jigsaw agar
siswa mengikuti proses pembelajaran yang menyenangkan dan memperoleh hasil
belajar yang memuaskan dan memperhatikan penelitian memperoleh hasil yang
viii
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
positif maka untuk guru kelas yang lain bisa dicobakan untuk menerapkan
pembelajaran model cooperative learning tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA | en_US |