Show simple item record

dc.contributor.authorKASMADI
dc.date.accessioned2014-01-20T23:29:48Z
dc.date.available2014-01-20T23:29:48Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM070210204071
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18761
dc.description.abstractPembelajaran IPS di SD pada umumnya masih menggunakan metode saja tanpa menggunakan media, sedangkan mata pelajaran IPS merupakan integrasi dari berbagai ilmu-ilmu sosial yang memiliki konsep yang abstrak. Berdasarkan observasi Peneliti di SDN Kepatihan 03 Jember, ditemukan kesan dari siswa kelas III-C, bahwa dalam penyampaian pembelajaran IPS tidak selalu dimengerti oleh siswa. Salah satu contoh pembelajaran yang bisa menggunakan media konkrit adalah IPS pokok bahasan uang, sehingga peningkatan hasil belajar siswa kelas III-C SDN Kepatihan 03 Jember dengan menggunakan media konkrit dalam proses pembelajaran dapat meningkat serta memotivasi siswa, karena dalam penyampaian materi menggunakan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas III-C SDN Kepatihan 03 Jember, dengan penggunaan media konkrit dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilakukan pada siswa kelas III-C SDN Kepatihan 03 Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2011 (Siklus 1) dan 26 Mei 2011 (Siklus 2) meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji ketuntasan hasil belajar siswa. viii http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus 1 persentase ketuntasan belajar sebesar 68,57% yang tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. dalam hal ini persentase ketuntasan belajar belum mencapai 70%. Sehinggal perlu diadakan perbaikan langkah-langkah pada siklus 2. Pada siklus 2 didapat ratarata persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 88,57% yang tergolong telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kesimpulan penelitian ini adalah Penggunaan media konkrit mata pelajaran IPS pokok bahasan Uang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III-C SDN Kepatihan 03 Kaliwates Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204071;
dc.subjectMENINGKATKAN HASIL BELAJARen_US
dc.titleMENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN UANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRIT PADA SISWA KELAS III SDN KEPATIHAN 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record