• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU BIOLOGI MADRASAH ALIYAH (MA) DENGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI KABUPATEN PROBOLINGGO

    Thumbnail
    View/Open
    riatinings-5811-1.pdf (637.3Kb)
    Date
    2014-01-20
    Author
    RIATININGSIH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Guru adalah tenaga profesional yang bertugas untuk menciptakan pembelajaran yang efektif (pembelajaran untuk mencapai suatu tujuan pendidikan) dengan merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran (pembuatan RPP dan Silabus), mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan variasi media dan sumber belajar, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembibingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Profesionalitas guru mengacu kepada sikap terhadap profesinya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki dalam melakukan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan pengembangan profesionalitas guru Biologi Madrasah Aliyah (MA) dengan efektivitas pembelajaran di Kabupaten Probolinggo dan untuk mengetahui bagaimana hubungan pengembangan profesionalitas guru Biologi Madrasah Aliyah (MA) dengan efektifitas pembelajaran di Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yaitu penelitian yang tidak dapat mengontrol variabel karena peristiwa telah terjadi. Sedangkan metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, angket/kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Biologi Madrasah Aliyah, baik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) ataupun Madrasah Aliyah Swasta (MAS) di Kabupaten Probolinggo jarang mengikuti kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Hal ini bisa dibuktikan bahwa sebanyak 42,9 % atau 6 orang dari 14 guru Biologi Madrasah Aliyah di Kabupaten Probolinggo menjawab “Kadang-kadang” dalam hal mengikuti kegiatan MGMP. Untuk hasil diklat dapat diketahui bahwa sebesar 42,9 % mendapatkan skor 4 dengan kriteria “Selalu”. Artinya, guru Biologi Madrasah Aliyah di wilayah Kabupaten Probolinggo sudah cukup baik dalam mengikuti kegiatan diklat, khususnya diklat nasional. Sedangkan persentase untuk keikutsertaan diklat regional adalah sebesar 35,7 %. Untuk kegiatan seminar didapatkan hasil bahwa rata-rata guru Biologi Madrasah Aliyah di Kabupaten Probolinggo jarang mengikuti kegiatan seminar pendidikan. Sebesar 50 % guru menjawab “kadang-kadang” tentang keikutsertaannya dalam kegiatan seminar. Untuk efektivitas pembelajaran didapatkan hasil bahwa rata-rata guru Biologi Madrasah Aliyah di kabupaten Probolinggo sudah cukup efektif dalam mengembangkan komponen-komponen RPP, seperti pengembangan indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media dan sumber belajar dengan nilai persentase ≥ 50 % dan ≤ 60 % dan interpretasi persentasenya adalah “Cukup baik”. Dari hasil analisis data didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara MGMP dengan RPP dan Silabus dengan taraf signifikansi 0,024, terdapat hubungan yang signifikan antara MGMP dengan penggunaan dan pengembangan media dan sumber pembelajaran dengan taraf signifikansi 0,014 dan terdapat hubungan yang signifikan antara MGMP dengan nilai siswa dan taraf signifikansinya sebesar 0,047. Sedangkan pengembangan profesionalitas guru dengan kegiatan diklat juga terdapat hubungan yang relatif tinggi terhadap efektivitas pembelajaran. Kegiatan diklat dengan pengembangan Silabus dan RPP, media dan sumber belajar, serta nilai siswa masing-masing memiliki hubungan yang signifikan dengan taraf signifikansi 0,013, 0,008, dan 0,005. Dari hasil analisis data juga didapatkan bahwa kegiatan seminar juga memiliki hubungan yang tinggi dan signifikan dengan pengembangan Silabus dan RPP, media dan sumber belajar, serta nilai siswa dan masing-masing taraf signifikansi antara seminar dengan pengembangan Silabus dan RPP adalah 0,606, seminar dengan pengembangan media dan sumber belajar adalah 0,045, sedangkan seminar dengan nilai siswa memiliki hubungan yang sangat signifikan dengan taraf signifikansi sebesar 0,000.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18688
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository