dc.contributor.author | RAHMAWATI, SRI | |
dc.date.accessioned | 2014-01-20T11:51:53Z | |
dc.date.available | 2014-01-20T11:51:53Z | |
dc.date.issued | 2014-01-20 | |
dc.identifier.nim | NIM070210204074 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18645 | |
dc.description.abstract | Penerapan cooperative learning dapat membuat siswa akif dalam
pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat
dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep dialami sendiri oleh siswa
berdasarkan pengetahuan awal yang mereka miliki dan dapat menerapkan kembali
yang mereka temukan dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan dalam penelitian
ini adalah bagaimana aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung
bilangan setelah penerapan cooperative learning menggunakan media gambar.
Penelitian dilakukan di SD Negeri Sumberjati 01 Jember pada semester
genap. Subjek penelitian yang diambil adalah seluruh siswa kelas 1 SD Negeri
Sumberjati 01 Jember Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 38 siswa. Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumentasi.
Sedangkan data yang dikumpulkan adalah aktivitas guru dan siswa selama
pembelajaran, hasil tes, hasil wawancara, dan dokumen-dokumen lainnya yang
mendukung penelitian.
Dalam pembelajaran materi Operasi Hitung Bilangan setelah penerapan
cooperative learning menggunakan media gambar terlihat adanya suatu peningkatan
aktivitas dan hasil belajar yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil tes akhir pada
siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 kegiatan tes akhir ketuntasan klasikal yaitu
sebesar 73,69% dan pada siklus 2 kegiatan tes akhir ketuntasan belajar siswa secara
klasikal yaitu sebesar 92,11%. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa siklus 1
dan siklus 2 mengalami suatu peningkatan sebesar 20%. Pada siklus 1 sebenarnya
sudah mencapai ketuntasan klasikal yaitu 70% tetapi tetap dilanjutkan ke siklus 2 sebagai pemantapan.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan cooperative learning
menggunakan media gambar pada materi Operasi Hitung Bilangan berjalan dengan
baik dan mendapat respon positif dari siswa maupun guru Matematika kelas 1 SD
Negeri Sumberjati 01 Jember, selain itu dengan penerapan cooperative learning
menggunakan media gambar juga dapat membuar siswa aktif dan antusias dalam
pembelajaran dikelas karena siswa diberi kesempatan menemukan dan
mengemukakan pendapatnya berdasarkan pengalaman dan pengetahuan mereka. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 070210204074; | |
dc.subject | cooperative learning, media gambar, belajar matematika | en_US |
dc.title | Penerapan cooperative learning menggunakan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas 1 SD Negeri Sumberjati 01 Jember Tahun Ajaran 2010/2011 | en_US |
dc.type | Other | en_US |