dc.description.abstract | Penelitian ini bermula dari pemikiran bahwa hasil belajar siswa di sekolah
tidak terlepas dari kemampuan inteligensi yang dimiliki siswa. Diperkirakan siswa
yang memiliki kemampuan inteligensi yang tinggi juga akan memperoleh hasil
belajar yang tinggi pula. Namun dalam proses belajar di sekolah sering ditemukan
siswa yang tidak dapat meraih prestasi belajar yang setara dengan kemampuan
inteligensinya. Keberhasilan kehidupan seseorang tidak hanya ditentukan oleh IQ
melainkan juga ditentukan oleh Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual.Quotient
(SQ).
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh antara
Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual Quotient (SQ)
terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Logika Kelas XI SMA
Negeri 4 Tuban Tahun Pelajaran 2008/2009. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui adakah pengaruh antara Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient
(EQ), dan Spiritual Quotient (SQ) terhadap Hasil Belajar dan manakah diantara
Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual Quotient (SQ)
yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap hasil belajar matematika pada
Pokok Bahasan Logika Kelas XI SMA Negeri 4 Tuban Tahun 2008/2009.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Responden dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Tuban dengan jumlah
105 siswa., dengan rincian kelas XI-A sebanyak 34 siswa, XI-B sebanyak 32 siswa, dan kelas XI-C sebanyak 39 siswa. Analisis data yang digunakan yaitu Analisis
Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik, Analisis Koefisien Korelasi, Uji F, dan
Uji t..
Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh secara bersama-sama antara
Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual Quotient (SQ)
terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Logika Kelas XI SMA
Negeri 4 Tuban Tahun Pelajaran 2008/2009. Dari hasil uji F menunjukkan hasil F
sebesar 82,914, yang kemudian dibandingkan dengan F
Sehingga diperoleh F
hitung
> F
tabel
viii
tabel
hitung
sebesar 2,694618.
yang berarti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak.
Artinya bahwa ada pengaruh secara pengaruh secara bersama-sama antara
Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual Quotient (SQ)
terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Logika Kelas XI SMA
Negeri 4 Tuban Tahun Pelajaran 2008/2009. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa
hasil t
Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual
Quotient (SQ) adalah 1,410, -8,608 dan -4,095 yang kemudian dibandingkan dengan
t
tabel
hitung
sebesar 1,983731. Sehingga diperoleh t
hitung
< t
untuk IQ yang berarti Ha
ditolak, t
tabel
< t
hitung
tabel
untuk EQ yang berarti Ha diterima dan t
tabel
< t
untuk SQ
yang berarti Ha diterima. Artinya bahwa secara parsial tidak ada pengaruh antara
Intellegence Quotient (IQ) dengan hasil belajar matematika dan ada pengaruh antara
Emotional Quotient (IQ) dan Spiritual Quotient (SQ) dengan hasil belajar matematika
pokok bahasan Logika. Sedangkan dari perhitungan sumbangan proporsi diketahui
bahwa Emotional Quotient (EQ) adalah variabel yang paling dominan antara
Intelligence Quotient (IQ), dan Spiritual Quotient (SQ) terhadap Hasil Belajar
Matematika sebesar 50,525%. | en_US |