Show simple item record

dc.contributor.authorMutmainnah Nur Hidayati
dc.date.accessioned2014-01-20T06:53:50Z
dc.date.available2014-01-20T06:53:50Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM070210102013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18514
dc.description.abstractRINGKASAN Penerapan Model POE (Prediction, Observation, Explanation) disertai Teknik Mind Mapping dalam Pembelajaran Fisika di SMP; Mutmainnah Nur Hidayati; 070210102013; 2011; 54 Halaman; Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), yaitu suatu ilmu yang mempelajari gejala dan peristiwa atau fenomena alam serta berusaha untuk mengungkap segala rahasia dan hukum semesta. Fisika tidak hanya berisi teori-teori atau rumus-rumus untuk dihafal tetapi fisika juga berisi banyak konsep yang harus difahami secara mendalam. Hakikat pembelajaran fisika adalah membahas, mengkaji, dan membuktikan adanya fakta dan asumsi tentang gejalagejala fisika. Dengan demikian, siswa dituntut untuk dapat membangun pengetahuan mereka melalui peran aktifnya dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Sesuai dengan sifat fisika diperlukan suatu pembelajaran yang cocok dengan sifat ilmu fisika tersebut. Salah satunya adalah model pembelajaran yang berorientasi pada pandangan konstruktivistik yang berkembang, antara lain pembelajaran model POE (Prediction, Observation, Explanation) disertai Teknik Mind Mapping. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model POE (Prediction, Observation, Explanation) disertai teknik Mind Mapping dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP?. (2) bagaimanakah aktivitas belajar fisika siswa selama proses pembelajaran menggunakan model POE (Prediction, Observation, Explanation) disertai teknik Mind Mapping di SMP?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model POE (Prediction, Observation, Explanation) disertai teknik Mind Mapping dengan menggunakan vii model pembelajaran konvensional di SMP. (2) mendeskripsikan aktivitas belajar fisika siswa menggunakan model POE (Prediction, Observation, Explanation) disertai teknik Mind Mapping di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Jember dengan populasinya adalah empat kelas. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling, dengan kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah pertama adalah menggunakan uji t, dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisis data menggunakan uji diperoleh nilai viii pada taraf signifikasnsi 5%, yaitu dan , maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh rata-rata aktivitas siswa secara klasikal sebesar 72,61% dan termasuk pada kategori aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model POE (Prediction, Observation, Explanation) disertai teknik Mind Mapping dan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Jember tahun ajaran 2011/2012, adapun mean hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 31,36 dan mean hasil belajar kelas kontrol sebesar (2) aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Jember tahun ajaran 2011/2012 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model POE (Prediction, Observation, Explanation) disertai teknik Mind Mapping termasuk dalam kategori aktif. Dengan persentase aktivitas belajar fisika rata-rata sebesar 77,78%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210102013;
dc.subjectModel POE (Prediction, Observation, Explanation)en_US
dc.titlePENERAPAN MODEL POE (PREDICTION, OBSERVATION, EXPLANATION) DISERTAI TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record