Show simple item record

dc.contributor.authorLadhina Fitrah Sari
dc.date.accessioned2014-01-20T06:53:31Z
dc.date.available2014-01-20T06:53:31Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM030210101043
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18512
dc.description.abstractPenelitian ini bermula dari pemikiran bahwa hasil belajar siswa di sekolah tidak terlepas dari kemampuan inteligensi yang dimiliki siswa. Diperkirakan siswa yang memiliki kemampuan inteligensi yang tinggi juga akan memperoleh hasil belajar yang tinggi pula. Namun dalam proses belajar di sekolah sering ditemukan siswa yang tidak dapat meraih prestasi belajar yang setara dengan kemampuan inteligensinya. Keberhasilan kehidupan seseorang tidak hanya ditentukan oleh IQ melainkan juga ditentukan oleh Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual.Quotient (SQ). Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh antara Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual Quotient (SQ) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Logika Kelas XI SMA Negeri 4 Tuban Tahun Pelajaran 2008/2009. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual Quotient (SQ) terhadap Hasil Belajar dan manakah diantara Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual Quotient (SQ) yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap hasil belajar matematika pada Pokok Bahasan Logika Kelas XI SMA Negeri 4 Tuban Tahun 2008/2009. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Tuban dengan jumlah 105 siswa., dengan rincian kelas XI-A sebanyak 34 siswa, XI-B sebanyak 32 siswa, an kelas XI-C sebanyak 39 siswa. Analisis data yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik, Analisis Koefisien Korelasi, Uji F, dan Uji t.. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh secara bersama-sama antara Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual Quotient (SQ) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Logika Kelas XI SMA Negeri 4 Tuban Tahun Pelajaran 2008/2009. Dari hasil uji F menunjukkan hasil F sebesar 82,914, yang kemudian dibandingkan dengan F Sehingga diperoleh F hitung > F tabel viii tabel hitung sebesar 2,694618. yang berarti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak. Artinya bahwa ada pengaruh secara pengaruh secara bersama-sama antara Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual Quotient (SQ) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Logika Kelas XI SMA Negeri 4 Tuban Tahun Pelajaran 2008/2009. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa hasil t Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual Quotient (SQ) adalah 1,410, -8,608 dan -4,095 yang kemudian dibandingkan dengan t tabel hitung sebesar 1,983731. Sehingga diperoleh t hitung < t untuk IQ yang berarti Ha ditolak, t tabel < t hitung tabel untuk EQ yang berarti Ha diterima dan t tabel < t untuk SQ yang berarti Ha diterima. Artinya bahwa secara parsial tidak ada pengaruh antara Intellegence Quotient (IQ) dengan hasil belajar matematika dan ada pengaruh antara Emotional Quotient (IQ) dan Spiritual Quotient (SQ) dengan hasil belajar matematika pokok bahasan Logika. Sedangkan dari perhitungan sumbangan proporsi diketahui bahwa Emotional Quotient (EQ) adalah variabel yang paling dominan antara Intelligence Quotient (IQ), dan Spiritual Quotient (SQ) terhadap Hasil Belajar Matematika sebesar 50,525%. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030210101043;
dc.subjectPengaruh antara Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual Quotient (SQ)en_US
dc.titlePENGARUH INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ), EMOTIONAL QUOTIENT (EQ), DAN SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LOGIKA KELAS XI SMA NEGERI 4 TUBAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record