Show simple item record

dc.contributor.authorAsia Alkhisah
dc.date.accessioned2014-01-20T06:08:57Z
dc.date.available2014-01-20T06:08:57Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM070210201120
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18352
dc.description.abstractKeluarga sebagai lingkungan terdekat dalam kehidupan anak, mempunyai pengaruh sosialisasi yang besar, karena hubungan dalam keluarga lebih erat, lebih hangat, dan lebih bernada emosional, dengan hubungan keluarga yang erat ini dapat memberi pengaruh yang lebih besar pada anak dalam perkembangan interaksi. Orang tua hendaknya peka dalam menanamkan pentingnya membangun hubungan sosial pada anak sejak dini, yang nantinya diharapkan anak mampu menjalin hubungan sosial dengan baik. Berdasarkan peranan yang dimiliki orang tua dapat membantu melatih perkembangan interaksi anak pada usia dini. Sekolah sebagai lingkungan kedua setelah keluarga, menuntut anak-anak untuk dapat menjalin hubungan yang baik, karena di sekolah anak dalam tahap berlajar bersosialisasi dan berkomunikasi dengan teman-teman dan para pendidik. Oleh karena itu dengan peranan yang dimiliki orang tua sebagai pendidik, pembimbing, motivator bagi anak, hendaknya orang tua perlu memberikan bekal kepada anak agar anak dapat menjalin hubungan sosial dengan lingkungan sosial disekolah. Rumusan masalah bagaimana hubungan antara peranan orang tua dengan perkembangan interaksi anak usia dini di Kelompok Bermain Islam Terpadu Buah Hati Kita Kelas Mekar Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011, dengan tujuan dari pengadaan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan peranan orang tua dengan perkembangan interaksi anak di KBIT Buah Hati Kita Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 yang nantinya diharapkan bermanfaat bagi peneliti, orang tua, pengelola dan pendidik PAUD Buah Hati Kita, dan Prodi Pendidikan Luar Sekolah. Berdasarkan hasil penelitian yang peroleh menunjukkan bahwa ada hubungan antara peranan orang tua dengan perkembangan interaksi anak di KBIT Buah Hati Kita tahun ajaran 2010/2011. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang diperoleh dengan menggunakan metode penelitian korelasional dengan teknik perhitungan tata jenjang dengan taraf kepercayaan 95% nilai N=20 diperoleh nilai empiri sebesar 0,758. Analisis data tersebut diperoleh secara populasi dengan perincian 20 responden untuk variabel X yang terdiri dari orang tua (ibu/ bapak) atau wali murid dengan teknik pengumpulan data angket dan 20 subjek penelitian untuk variabel Y yaitu murid kelas mekar menggunakan teknik pengumpulan data obsevasi check list. dengan demikian ada hubungan antara peranan orang tua dengan perkembangan interaksi anak di Kelompok Bermain Islam Terpadu Buah Hati Kita Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, di mana H viii o ditolak dan H diditerima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat dilihat bahwa orang tua mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan kemampuan interaksi anak khususnya di awal usia prasekolah, untuk itu peranan orang tua sangat berpengaruh dalam perkembangan anak. Di usia ini anak mulai melakukan interaksi sosial dengan lingkungan yang lebih luas diluar lingkungan keluarga.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210201120;
dc.subjectPERANAN ORANG TUA ,PERKEMBANGAN INTERAKSI ANAKen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA PERANAN ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN INTERAKSI ANAK DI KELOMPOK BERMAIN ISLAM TERPADU BUAH HATI KITA KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record